Wisuda ke 48, PEM Akamigas Lebih Optimis dengan Tiga Sertifikat

Cepu- Politeknik Energi dan Mineral Akamigas sebagai Pendidikan tinggi vokasi di bawah Kementerian ESDM Tahun akademik 2018/2019 ini meluluskan 142 orang Sarjana Terapan sektor minyak dan gas bumi di Gedung Grha Oktana PEM Akamigas (Selasa 16/07/2019).

Program studi dan jumlah wisudawan tersebut adalah Teknik Produksi Migas 32 wisudawan, Teknik Pengolahan Migas 32 wisudawan, Teknik Mesin Kilang 19 wisudawan, Teknik Instrumentasi Kilang 19 wisudawan dan Logistik Migas 40 wisudawan dan sebanyak 46 orang mendapatkan predikat pujian (cumlaude).

PEM Akamigas terus berinovasi untuk menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja yang bermutu dalam bidang minyak dan gas bumi baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Lulusan tahun ini adalah lulusan yang benar-benar siap kerja karena dibekali dengan 3 sertifikat untuk memasuki dunia kerja global, yaitu sertifikat K3 berlisensi BNSP, sertifikat kompetensi berlisensi BNSP, dan sertifikat Institusional TOEFL" terang Direktur PEM Akamigas Perry Burhan

Satu kebanggaan pula bahwa 10 wisudawan telah diterima di Schlumberger, 1 wisudawan di AKR Corporindo (program kerja sama) dan 10 wisudawan telah lolos mengikuti program magang di Australia.

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan Program Studi Teknik Produksi Migas diraih oleh Maysita Ayu Larasati dari dengan IPK 3,68, lama studi 8 semester, dengan Predikat Pujian (Cum Laude).

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan Program Studi Teknik Pengolahan Migas diraih oleh Anis Hanan Azzah dengan IPK 3,72, lama studi 8 semester, dengan Predikat Pujian (Cum Laude).

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang diraih oleh Dzul Fadhli Aziz dengan IPK 3,62, lama studi 8 semester, dengan Predikat Pujian (Cum Laude).

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan Program Studi Teknik Mesin Kilang diraih oleh Adistara Surya Rahmanda dengan IPK 3,44, lama studi 8 semester, dengan Predikat Sangat Memuaskan.

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan Program Studi Logistik Migas diraih oleh Abdul Harun dari dengan IPK 3,65, lama studi 8 semester, dengan Predikat Pujian (Cum Laude).

oWisudawan terbaik Sarjana Terapan yang mengikuti Pendidikan Alih Jenjang dari Program Diploma III, diraih oleh Tengku Ferdy Hendrawan dari Program Studi Teknik Pengolahan Migas, unit asal PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu dengan IPK 3,86 , lama studi 2 semester, dengan Predikat Pujian (Cum Laude).

"Sektor migas memegang peran luar biasa penting bagi negara kita, dari total sekitar 500 Trilyun PNBP Tahun 2018 sekitar 40% datang dari sub sektor migas. Jadi tantangan ada didepan bagi para wisudawan , untuk membangun dan mengelolanya" ujar Wiratmaja Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) dalam sambutannya

Tantangan dan kendala masih terus dihadapi oleh PEM Akamigas, oleh karena itu institusi ini terus meningkatkan pengelolaan kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien baik dari tenaga pengajar, sarana prasarana dan menjadikan prioritas utama adalah optimalisasi kemitraan dengan berbagai pihak industri migas

"peran dan kontribusi saudara-saudara para wisudawan sangat dibutuhkan untuk pengembangan inovasi dan pembangunan bangsa kita. Saudara-saudara semua dituntut berinovasi dengan bekal teknologi, serta softskill yang telah didapat selama kuliah di PEM Akamigas"pungkas Perry (ds)