738 Unit PJU-TS Berikan Penerangan Malam Untuk 3,5 Juta Penduduk di Jawa Timur

Ngawi - Bertempat di Desa Kwadungan Lor, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) menyerahkan 738 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada beberapa Pemerintah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Pada Tahun 2018, Kementerian ESDM memberikan bantuan PJU-TS kepada Kabupaten Ngawi sebanyak 388 titik, Kabupaten Pacitan 295 titik, Kabupaten Ponorogo 60 titik, Kabupaten Trenggalek 60 titik, dan Kabupaten Magetan 35 titik.

PJU-TS di beberapa kabupaten tersebut dibangun tersebar guna memberikan penerangan bagi masyarakat, baik di wilayah perdesaan maupun perkotaan dengan total jumlah penduduk di lima kabupaten itu 3.508.780 (Data BPS: Sensus Penduduk 2010).

Pembangunan PJU-TS di Provinsi Ngawi ini merupakan bagian dari Program PJU-TS tahun 2018 yang berhasil membangun 21.789 titik yang tersebar di 25 Provinsi se-Indonesia. PJU-TS sendiri adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Pemerintah melalui Komite BPH Migas, Hari Pratoyo mengungkapkan terima kasih atas dukung segenap jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten terkait, serta masyarakat atas dukungan dan kerja samanya sehingga pembangunan PJU dapat terselesaikan. Hari juga meminta seluruh pihak untuk memanfaatkan dan merawat infrastruktur yang telah terbangun. "Mengingat PJU ini dibangun dengan anggaran yang cukup besar dan menggunakan APBN, kami harap agar PJU tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat," ujarnya. (RWS)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center