APBN Langsung Untuk Masyarakat, KESDM Kembali Pasang PJU-TS di Kalbar

KUBU RAYA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) kembali menyelesaikan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Propinsi Kalimantan Barat, yaitu 90 titik di Ketapang dan 128 titik di Kubu Raya. Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Muhammad Wafid, selaku perwakilan Kementerian ESDM menyerahkan secara simbolis infrastruktur tersebut kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten terkait, kemarin di Kabupaten Kubu Raya (8/4).

"Pemasangan PJU-TS ini merupakan wujud pemanfaatan APBN yang harus dirasakan langsung masyarakat terutama masyarakat lapisan bawah, KESDM berkomitmen dalam menjalankan pembangunan infrastruktur yang langsung dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat," ungkap Wafid. Lebih lanjut ia menjelaskan, pemasangan PJU-TS merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-dareah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya. Dengan dibangunnya PJU-TS di kedua kabupaten tersebut, Pemerintah berharap dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan masyarakat dalam beraktivitas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup baik secara sosial maupun ekonomi.

8af579c6c33069fd0a8b752dbede349b_p.jpeg

Pada tahun 2018, program pemasangan PJU-TS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM tersebar di seluruh Indonesia, tepatnya di 25 provinsi, dengan jumlah unit yang terpasang sebanyak 21.839 titik. Program PJU-TS ini merupakan salah satu instrumen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses energi modern sebagai upaya mewujudkan energi berkeadilan.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian ESDM sehingga PJU-TS dapat terbangun di wilayahnya. "Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM, PJU-TS ini tentu akan menghemat pengeluaran, ramah lingkungan, dan berdampak positif bagi masyarakat Kubu Raya. Kami berharap hal ini menjadi pemantik semangat untuk percepatan pembangunan," tuturnya.

"Kami mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas umum yang telah ada dan kami akan bentuk relawan untuk memunculkan rasa memiliki masyarakat. Kami mengharapkan untuk kedepan masyarakat Kubu Raya ke depan memiliki rasa kebahagiaan dengan adanya PJU-TS ini", pungkas Bupati Muda. (RWS)