Ditjen EBTKE dan TNI AL Jalin Kerjasama, Wujud Sinergitas Pemanfaatan Energi Terbarukan

JAKARTA - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana dan Asisten Potensi Maritim Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, Selasa (18/9) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PKS ini merupakan salah satu implementasi Nota Kesepahaman KESDM dan TNI yang ditandatangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Panglima TNI pada 14 Juli 2017 lalu.

Melalui Nota Kesepahaman tersebut, Kementerian ESDM dan TNI sepakat untuk bersama-sama melakukan upaya preventif agar kegiatan, fasilitas, dan infrastruktur bidang ESDM yang berada di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar mendapatkan pengamanan. Tidak hanya itu, Kementerian ESDM dan TNI juga bekerja sama dalam pemanfaatan sumber daya mineral strategis untuk mendukung alutsista TNI, kegiatan dan pemanfaatan energi baru terbarukan serta pengembangan sumber daya manusia.

Sebagai implementasi atas Nota Kesepahaman ini, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal EBTKE dan TNI melalui TNI AL selanjutnya melaksanakan kerja sama dalam pelaksanaan pembangunan PLTS di pos-pos TNI AL, pelatihan pengoperasian dan pelatihan pemeliharaan PLTS, pemeliharaan PLTS dan penyerahan barang melalui mekanisme Pengalihan Status Penggunaan Barang Milik Negara.

Pelaksanaan PKS ini merupakan upaya Pemerintah dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan wujud Nawacita dimana negara hadir terutama untuk daerah yang terpencil. "Ini adalah awal mula, dan semoga bermanfaat untuk bangsa Indonesia. Kita harus ingat yang berada di daerah terpencil dan terluar adalah saudara kita, termasuk teman-teman TNI yang bertugas disana. Tentunya ini tidak hanya upaya mewujudkan energi berkeadilan tapi rasa kesatuan sebagai satu negara," ungkap Rida setelah penandatanganan dilakukan.

Senada dengan Rida, Edi Sucipto juga berharap bahwa kerja sama ini bermanfaat tidak hanya untuk TNI AL tetapi juga masyarakat di sekitar pos-pos TNI AL. (RWS)

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center