Farida Zed: Teruslah berkarya dan amanah

JAKARTA- Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) menggelar Pelepasan Ir. Farida Zed M.E.,M.A. di Lobby Gedung Dirjen EBTKE, Senin (3/07/2017).

"Beliau banyak mengubah dengan tegas, mengantar direktorat kami lebih disiplin, kemudian banyak pencapaian yang di raih saat Bu Farida memimpin. Yang paling nyata kami lihat efektivitas keadministrasian. Menyatukan administrasi sehingga bisa sangat cepat" catatan khusus Bapak Harris, Kasubdit Program Konservasi Energi memberikan kesan terhadap sosok Farida Zed yang telah memimpin Direktorat Konservasi Energi selama sekitar 2 (Dua) tahun. Ketegasan kepemimpinan Farida diakui oleh semua Pegawai Konservasi Energi.

Rida Mulyana Dirjen EBTKE dalam sambutannya menyampaikan pesan yang selalu diingat beliau terhadap ilmu yang disampaikan Mbak Farida (panggialan akrab Rida kepada Farida Zed). "Bahwa ada dua rumus hidup yang penting yaitu selalu berpikir positif dan selalu bersyukur yang hasilnya adalah akan mencapai kebahagian hidup" kenang Rida. "Selama bertugas beliau sudah memberikan yang terbaik. Kerjasama yang telah dibangun selama ini menjadi modal untuk kerjasama di tempat lain," kata Rida Mulyana.

Acara pelepasan ini berlangsung santai dan penuh keakraban. Dalam kesan dan pesan Farida Zed menyampaikan apresiasi karena sudah 31 (tiga puluh satu) tahun berkiprah bersama-sama di Kementerian ESDM. Beliau juga mengucapkan terima kasih karena sudah diberikan kesempatan bergabung di EBTKE, "Terima kasih kepada Bapak Dirjen dan rekan EBTKE khususnya di DEK (Direktorat Konservasi Energi), di EBTKE ini bisa kita lihat canda kita di WA, sampai kita memiliki julukan masing-masing", kenang Farida.

Farida Zed juga mengucapkan terima kasih kepada Dirjen EBTKE, para direktur dan rekan-rekan di EBTKE jika ada hal yang kurang berkenan mohon dibukakan pintu maaf. Farida Zed selalu memiliki waktu limit yang lebih cepat dengan limit waktu diberikan oleh Bapak Dirjen, Dalam prinsip kerjanya jika pekerjaan lebih cepat selesai akan membantu meringankan pekerjaan Bapak Dirjen. "Ketegasan dan kedisiplinan yang saya terapkan semua itu dalam rangka pelaksanaan tugas. Jangan beri pimpinan yang lebih berat lagi, karena sudah banyak pekerjaan lain selain di tempat kita (red Konservasi Energi)" pesan Farida.

Di akhir pesannya Farida menyampaikan agar pegawai EBTKE terus menerus berkarya dan selalu amanah, "Kepada para pegawai di EBTKE teruslah berkarya dan amanah," pungkas Farida yang disambut tepuk tangan meriah seluruh staf EBTKE. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa cenderamata dari Dirjen EBTKE dan para Direktur dan Sekretaris Jenderal kepada Farida Zed.

Sekilas mengenai Farida Zed, Ia lahir di Medan dan besar di Banda Aceh sejak SD sampai dengan SMA dilanjutkan dengan kuliah S1 di UPN Yogya, S2 di UI dan UGM . Di samping itu berpengalaman diberbagai unit eselon II (dua) di lingkungan Kementerian ESDM, yang pertama menjabat Kepala Biro Umum (2004-5), dilanjutkan Sesditjen Minerba (2005-7), Kepala Pusdatin (2007-10), Kepala Pusat SUmber Daya Geologi (2010), Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan 2010-15) dan yang terakhir sebagai Direktur Konservasi Energi (2015-17).

Terima kasih atas ukiran prestasi dan kenangan indah doa kami bersamamu, semoga sukses selalu Bu Farida Zed. (BW)

Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi