LTSHE Dukung Aktivitas Malam Hari Pemukiman Transmigrasi di Konawe Utara

Konawe Utara - Sebanyak 148 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang dibagikan Pemerintah tahun 2018 memberikan kemudahan bagi masyarakat Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menjalankan aktivitas pada malam hari. Hal ini diungkapkan Endang, Kepala Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Puuhialu saat penyerahan simbolis LTSHE oleh Direktur PEM AKA Migas, Perry Burhan pada Senin (8/1).

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan LTSHE ini masyarakat sangat terbantu dengan penerangan kalau malam hari, sebelumnya tidak ada aktivitas kalau malam," tutur Endang. Awalnya masyarakat UPT Puuhialu menggunakan petromak atau pelita saat malam hari. Adanya LTSHE sangat membantu masyarakat terutama anak sekolah dapat belajar pada malam hari dan dipakai pula untuk ke ladang persawahan menjaga dari hama babi karena mayoritas mata pencaharian masyarakat Puuhialu adalah petani.

Senada dengan Endang, Ujang salah satu warga UPT Puuhialu mengungkapkan rasa syukur atas pemasangan LTSHE di rumahnya. "Alhamdulillah yang tadinya kegelapan jadi begitu ada lampu jadi memudahkan segalanya. Main ke tetangga jadi bisa bawa lampu, bawa motor gak ada lampunya jadi bisa dibawa juga untuk naik motor. Namanya juga orang transmigrasi yang biasanya dikampung kita dulu ada listrik sekarang gelap gulita, aktifitas pada malam hari ya sedih aja lah," cerita Ujang.

UPT Puuhilu merupakan salah satu desa penerima LTSHE pada tahun 2018 di Kabupaten Konawe Utara, bersama dengan Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo. Total LTSHE yang dibagikan kepada Konawe Utara sebanyak 148 unit. Perjalanan untuk mencapai UPT Puuhialu, Kecamatan Oheo harus ditempuh sekitar 4-5 jam dari pusat kota Kendari, yang sebagian kondisi jalanannya rusak dan juga melewati area tambang nikel.

e818e6ec8fd66189097b62ae0e9bbb86_p.jpeg

Pada kesempatan ini, Perry Burhan menyampaikan bahwa sejak tahun 2017 Program LTSHE ini sudah dipasang 252.000 unit, dan khusus untuk tahun 2018 dilaksanakan di 16 provinsi yang menerangi 1610 desa sebanyak 172.996 unit. "Di tahun 2019 ini terdapat hampir 100.000 unit lagi yg akan dipasang diseluruh pelosok negeri. Kalau kita liat saat ini kalau kita naik terbang tinggi begitu liat dari udara kalau malam hari yang itu kan pulau jawa mungkin sebagian sumatera dan bali. Ya harapan pak jokowi seluruh tanah air ini kalau diliat malam hari itu bercahaya," lanjutnya. Burhan juga berharap putra daerah dapat mengoperasikan LTSHE dengan baik dan dapat ikut berpartisipasi di sisi profesional untuk mengembangkan Konawe Utara. (RWS)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center