Pelantikan Pejabat Fungsional dan Penganugerahan Satya Lancana Karya Satya di Lingkungan Ditjen EBTKE

JAKARTA - Direktur Jenderal EBTKE, Dadan Kusdiana melantik dan mengambil sumpah lima orang pegawai yang diangkat menjadi Pejabat Fungsional dan menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya (SLKS) kepada perwakilan dari 25 orang pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal EBTKE hari ini (01/12) di Aula Kantor Ditjen EBTKE. Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan disaksikan secara langsung oleh seluruh Pejabat Eselon II serta pegawai penerima penghargaan yang hadir secara virtual.

"Pertama yang ingin saya sampaikan, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan dimanapun dan saya tidak akan bosan untuk mengingatkan hal ini. Kedua, saya ucapkan selamat kepada para pegawai yang sudah dilantik menjadi pejabat fungsional dan selamat kepada 25 orang penerima Satya Lancana Karya Satya, ada yang 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun", ujar Dadan membuka sambutannya. Seperti diketahui, tanda kehormatan (SLKS) tersebut merupakan penghargaan negara yang diberikan Presiden RI kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan dan pengabdian selama 10, 20, atau 30 tahun berturutan.

Ia menyampaikan bahwa ke depan akan dilaksanakan pelantikan pejabat struktural untuk diangkat menjadi pejabat fungsional dalam upaya penyederhanaan birokrasi atau eselonisasi di Kementerian/Lembaga termasuk di Pemerintahan Daerah sesuai mandat Presiden. Pemerintah perlu melakukan 3 langkah upaya penyederhanaan birokrasi, penataan organisasi dan jabatan fungsional, serta yang ketiga transformasi jabatan.

"Penyederhanaan birokrasi dimaksudkan untuk menciptakan birokrasi yang dinamis, lincah dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi guna mendukung kinerja Pemerintah yang makin baik pada publik", pungkas Dadan.

Dalam kesempatan yang sama, turut diserahkan SK Kenaikan Pangkat periode 1 Oktober 2020 kepada tiga orang pegawai dan SK Purnabakti kepada satu orang pegawai. Adapun rincian pegawai yang dilantik dan penerima penghargaan SLKS yaitu sebagai berikut:

a. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional : 5 orang

- 1 orang Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya

- 1 orang Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda dari Ditjen Minerba

- 1 orang Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Pertama

- 2 orang Pejabat Fungsional Pranata Komputer Ahli Pertama

b. Penerima Penghargaan Satya Lancana Karya Satya (SLKS) : 25 orang

- Masa Kerja Pengabdian 10 Tahun : 19 orang

- Masa Kerja Pengabdian 20 Tahun : 1 orang

- Masa Kerja Pengabdian 30 Tahun : 5 orang

c. Penerima SK Kenaikan Pangkat Periode 1 Oktober 2020 : 3 orang

d. Penerima SK Purnabakti : 1 orang

*(DLP)