Pemerintah Pemerintah Bangun 275 PJU-TS di Sukoharjo dan Boyolali

Sukoharjo - Bertempat di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Sugeng Mujiyanto pada Rabu (9/1) menyerahkan secara simbolis Penerangan Jalan Umum yang berbasis tenaga surya (PJU-TS) kepada perwakilan Pemerintah Daerah Sukoharjo. Pada tahun 2018, Kementerian ESDM melaksanakan pembangunan PJU-TS sebanyak 165 titik tersebar di Kabupaten Sukoharjo dan 110 titik di Kabupaten Boyolali.

Sugeng mengungkapkan bahwa pemasangan PJU-TS merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-dareah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

"Dari aspek konsumsi energi, pada tahun 2016 PJU mengkonsumsi energi listrik sebesar 3.448 GWh dan telah menyumbang emisi gas rumah kaca sebesar 2,99 Juta Ton CO2 ke udara yang mana diperkirakan jumlahnya akan terus mengalami peningkatan," lanjutnya.

Pemasangan PJU-TS di Kabupaten Sukoharjo dan Boyolali merupakan usulan pemerintah masing-masing kabupaten yang diinisiasi Anggota Komisi VII DPR RI. PJU-TS yang telah dibangun nantinya akan dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Pada tahun 2018, program PJU-TS sendiri ditargetkan menyasar 25 provinsi dengan sebaran sebanyak 21.789 titik.

"Dengan adanya bantuan PJU-TS ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam beraktifitas pada malam hari," harap Sugeng. " Mengingat PJU-TS ini dibangun dengan anggaran yang cukup besar dan menggunakan APBN, kami mengharapkan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat," tegasnya. (RWS)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center