PJU-TS Bantu Aktivitas Nelayan di Kedung Jepara

JEPARA - Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) pekan lalu (Sabtu 30/3) secara simbolis menyerahkan 125 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Jepara. Penyerahan ini sekaligus menandai unit PJU-TS yang telah dibangun dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan penerangan pada malam hari. Pemerintah melalui Ditjen EBTKE hadir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan energi yang berbasis energi terbarukan yaitu tenaga surya, salah satu nya PJU-TS.

"Pada tahun 2018, Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE melaksanakan pemasangan PJU-TS di 26 provinsi dengan jumlah 21.839 titik. Untuk Jawa Tengah, dialokasikan 2.611 titik yang tersebar di 18 kabupaten/kota" tutur Antonius Ratdomopurbo, Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM. "Bapak Daryatmo Mardiyanto sebagai salah satu DPR RI di Komisi VII telah menginisiasi pembangunan PJU-TS di Jawa Tengah, termasuk 125 titik di Kabupaten Jepara, dan 500 titik lainnya di 4 Kabupaten lain, yaitu Demak, Kudus, Pati dan Sukoharjo," imbuhnya.

Adapun pembangunan PJU-TS untuk provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2018, yang tersebar di 18 Kabupaten/Kota, antaralain sebagai berikut:

Banyumas 50 unit
Cilacap 75 unit
Magelang 120 unit
Kota Magelang 35 unit
Pemalang 360 unit
Pekalongan 214 unit
Demak 125 unit
Jepara 125 unit
Kudus 125 unit
Pati 125 unit
Wonogiri 431 unit
Sukoharjo 165 unit
Wonosobo 313 unit
Temanggung 107 unit
Batang 81 unit
Kota Pekalongan 25 unit
Kota Magelang 25 unit
Boyolali 110 unit
Jumlah 2611

Purbo, begitu ia akrab disapa, mengharapkan PJU-TS tersebut dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. "Mengingat PJU-TS ini dibangun dengan anggaran yang cukup besar dan menggunakan APBN, kami mohon kerjasama semua pihak untuk merawat infrastruktur ini dengan baik agar pemanfaatannya dapat dirasakan masyarakat dalam waktu yang lama dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. Tak lupa ia mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terbangun nya infrastruktur dan kerja sama serta koordinasi yang telah terjalin, untuk semakin ditingkatkan di masa yang akan datang.

Salah seorang warga Desa Bulak Baru, Kecamatan Kedung, Jepara, Santoso, mengungkapkan bahwa warga yang tinggal di pesisir dan berprofesi sebagai nelayan sang

at terbantu atas terbangun nya PJU-TS di wilayah mereka. "Saya sebagai nelayan merasa bersyukur dengan adanya lampu jalan tenaga surya, aktifitas nelayan sekitar tempat pelelangan ikan terbantu, perahu jadi gampang sandar di malam hari, karena sudah ada lampu yang dipasang dekat pelelangan ikan" ungkapnya. (DLP)