Susun SNI Hidro Berkualitas, Komite Teknis Aneka EBT Kunjungi Balai Besar Mesin dan Teknik Industri

CIMAHI - Guna meningkatkan wawasan anggota Komite Teknis 27-03 Aneka EBT untuk mendukung penyusunan Standar Nasional Indonesia (SNI) di Bidang Energi Hidro yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dalam negeri, Komite Teknis (Komtek) hari ini (30/11) melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV-BMTI) yang berlokasi di Cimahi Bandung.

"Kami mengajak anggota Komite Teknis 27-03 mengunjungi Hydropower Competence Centre (HYCOM) supaya anggota Komtek mendapatkan wawasan terkait dengan simulasi pengujian di bidang energi hidro. Laboratorium HYCOM didirikan dengan tujuan sebagai pusat pelatihan dan uji kompetensi bidang energi hidro. Meski demikian, dari kunjungan ini kami mengharapkan anggota Komtek bisa menambah wawasan tentang simulasi pengoperasian turbin sehingga dalam penyusunan RSNI hidro kita bisa mendapatkan RSNI yang sesuai dengan kebutuhan pasar dalam negeri," ungkap Aris Sudarto, selaku Wakil Ketua Komite Teknis 27-03 yang sekaligus bertindak sebagai pimpinan rombongan pada kunjungan tersebut.

Sampai saat ini, lanjut Aris, Komtek 27-03 telah menyelesaikan penyusunan RSNI tahun 2020 dan RSNI tersebut sedang dalam tahap jajak pendapat. Maksud kunjungan ini juga dalam rangka mendiskusikan peluang HYCOM menjadi tempat laboratorium uji SNI bidang hidro. Dengan demikian diharapkan bisa terwujud sinkronisasi antara penerapan SNI dan sertifikasi kompetensi (SKKNI).

"Laboratorium ini memiliki beberapa turbin yang dapat digunakan untuk simulasi pengoperasian secara on-grid dan off-grid. Terkait dengan peluang laboratorium ini digunakan untuk pengujian produk misal turbin dan load controller, menurut informasi dari pengelola laboratorium, beberapa peralatan perlu direvitalisasi atau perlu peremajaan. Untuk itu, BBPPMPV-BMTI siap bekerja sama dengan Ditjen EBTKE untuk mewujudkan peluang HYCOM menjadi laboratorium uji SNI hidro," pungkas Aris.

Sebagai informasi, Komisi Teknis 27-03 Aneka EBT merupakan komite yang dibentuk pada tahun 2013 untuk melaksanakan penyusunan SNI Bidang Aneka EBT, baik perumusan maupun pengembangan SNI. Komite ini beranggotakan perwakilan Pemerintah, pakar, pelaku usaha dan konsumen yang keanggotaannya ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Seiring dengan usulan penambahan ruang lingkup dan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Perumusan SNI Bidang Aneka EBT, maka Direktorat Aneka EBT mengajukan pembentukan Komtek baru. Pada tahun 2019, dibentuk Komtek 27-08 Energi Surya dan dibentuk Komtek 27-09 Energi Angin di tahun 2020 ini.

Dari hasil penilaian Evaluasi Kinerja tahun 2019 yang dilaksanakan oleh BSN, Komtek 27-03 Aneka EBT memperoleh Penghargaan Herudi Technical Committee Award (HTCA) 2019 yang diberikan oleh BSN sebagai bentuk apresiasi dalam pengelolaan komtek. Komtek 27-03 menduduki posisi 5 besar dari 167 komtek dalam ajang perhargaan tersebut. (RWS/DLP)