Buka Porseni HPE ke 74, Menteri ESDM: Tingkatkan Kerja Sama dan Semangat Persatuan Demi Bangun Bangsa

Jakarta, Ditandai dengan pelepasan burung merpati, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Hari Jadi Pertambangan dan Energi (HPE) ke 74 di Plaza ESDM, Senin (26/8) pagi.

Pembukaan Porseni diawali dengan upacara yang diikuti oleh 20 kontingen dari para unit utama di lingkungan Kementerian ESDM, BUMN sektor ESDM dan Dharma Wanita KESDM. Usai upacara, Menteri Jonan dan Wamen Arcandra melakukan pertandingan tenis meja melawan Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto dan Kepala Balitbang ESDM Dadan Kusdiana. Pertandingan yang berlangsung meriah ini, dimenangkan oleh pasangan Menteri ESDM dan Wamen ESDM.

Menteri Jonan menyambut gembira penyelenggaraan acara HPE ke 74 serta meminta para atlet berlomba dengan penuh semangat. Namun demikian, lanjut Jonan, hal terpenting dari pertandingan adalah komunikasi, kebersamaan serta kerja sama untuk membangun negeri.

wrs04550-(medium).jpg

"Yang paling penting itu kebersamaan. Komunikasi, kebersamaan di antara kita, kerja sama yang baik dan juga semangat rasa persatuannya, untuk bersama-sama membangun negara ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Menteri ESDM juga menekankan pentingnya tidak melupakan sejarah yang ditandai dengan ziarah ke taman pahlawan. "Kalau bisa kirim perwakilan untuk hadir ke taman makan pahlawan. Saya kira itu baik, tidak melupakan sejarah apapun itu," tukasnya.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Jonan mengucapkan selamat bertanding dan berharap agar kegiatan ini membuat semua pihak lebih kompak dan bersemangat untuk bekerja sama.

Hari Jadi Pertambangan dan Energi diperingati setiap tanggal 28 September oleh seluruh stakeholder sektor ESDM. Penetapan hari jadi ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 0738 Tahun 2008 tanggal 27 September 2008 tentang Hari Jadi Pertambangan dan Energi.

wrs04594-(medium).jpg

Tema peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke 74 adalah "Energi Berkeadilan untuk Indonesia Unggul ". "Melalui tema ini, kami mengajak seluruh masyarakat dan para pemangku kepentingan di sektor energi dan sumber daya mineral untuk mewujudkan cita-cita energi berkeadilan untuk Indonesia yang unggul melalui kerja dan prestasi bagi bangsa Indonesia," tutur Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto dalam laporannya selaku ketua panitia.

Rangkaian acara peringatan HPE ke 74 yang dimulai sejak 26 Agustus dan berakhir pada 29 September 2019 adalah Porseni, bakti sosial (donor darah) yang direncanakan untuk memecahkan Rekor Muri sejumlah 18.000 kantong darah, kegiatan ziarah makam ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Makam Arie Frederick Lasut di TPU Sasanalaya, Yogyakarta dan Pemakaman Karet Jakarta. Selain itu, dilaksanakan pula seminar dan pameran, Malam Penghargaan Subroto, kegiatan upacara dan acara kebersamaan. (TW)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center