Kementerian ESDM Terima Penghargaan Implementasi e-LHKPN Terbaik Tahun 2017

Jakarta, Kementerian ESDM memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kategori implementasi terbaik Electronic-Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (e-LHKPN). Penghargaan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi 2017 ini, diterima langsung oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, di Menara Bidakara, Jakarta, Selasa (12/12). Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Wapres RI Jusuf Kalla dalam sambutannya meminta agar untuk seluruh rakyat Indonesia agar tidak pesimis dan diperlukan kerja sama yang baik untuk memberantas korupsi.

"Jadi kita tidak perlu pesimis terus-menerus karena hal ini (korupsi), walaupun juga kita tahu di lembaga-lembaga tertentu tetap timbul hal-hal tersebut. Itulah harapan kita semua, harapan optimisme. Tapi saya sependapat ini tentu dibutuhkan kerja sama yang baik,"katanya.

Lebih lanjut, tanpa korupsi, dikatakan Wapres Jusuf Kalla, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kesejahteraan akan lebih baik apabila tanpa korupsi, atau kesejahteraan tidak ada karena ada korupsi. Dibutuhkan kebersamaan, dibutuhkan hukum yang baik, karena apabila hukum yang baik berlaku maka kita tidak perlukan kekhawatiran," ujar Wapres.

Sementara itu, Wakil Menteri Arcandra Tahar ditemui usai menerima penghargaan mengatakan, Kementerian ESDM akan terus meningkatkan kepatuhan yang lebih baik lagi, serta mengusahakan di tahun mendatang akan menjadi instansi yang lebih baik dengan beberapa program online system yang akan diterapkan oleh Kementerian ESDM.

"Kita berharap tahun depan kita bisa tingkatkan kepatuhan, Tadi kan baru dari e-LHKPN, kategori-kategori lain kita usahakan tahun depan bisa lebih baik. Kemudian untuk syarat-syarat untuk Kementerian ESDM salah satunya adalah online system. Kita sekarang sedang menata untuk bisnis prosesnya dulu, baru nanti teknologinya e-online. Memang sekarang ini sedang berjalan kita sedang buat roadmap-nya," tutup Arcandra.

Berikut daftar instansi peraih Kategori Implementasi e-LHKPN Terbaik:

  1. Kementerian ESDM
  2. Otoritas Jasa Keuangan
  3. Kementerian Kesehatan
  4. Badan Pemeriksa Keuangan
  5. Kementerian Keuangan
  6. Pemerintah Kab.Bantul
  7. Pemerintah Kab.Bone
  8. Pemerintah Kab.Pinrang
  9. Pemerintah Kab.Wonogiri
  10. PT Bank Pembangunan Daerah Sumsel dan Babel
  11. DPRD Pemprov Sumsel
  12. Perusahaan Gas Negara
  13. Perusahaan Listrik Negara
  14. Pupuk Indonesia
  15. Telekomunikasi Indonesia. (DK)