Menteri Jonan Lantik Ego Syahrial dan 21 Pejabat Struktural Kementerian ESDM

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik 22 pejabat struktural di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Ruang Sarulla, Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat malam (8/12).

Dari sebanyak 22 Pejabat yang dilantik, salah satunya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial yang kini mengemban tugas baru sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, menggantikan M. Teguh Pamudji yang baru saja memasuki masa purnabhakti.

Namun untuk sementara, Ego Syahrial juga menjadi Pelaksana Tugas Dirjen Migas hingga pejabat baru definitif dilantik nantinya. Jabatan Dirjen Migas akan segera dilelang secepatnya.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyarankan agar pihak-pihak yang memiliki pengalaman di bidang migas untuk mengikuti lelang jabatan Dirjen Migas.

Dirjen Migas yang baru nantinya juga diharapkan menyederhanakan sistem migas. "Mungkin yang punya pengalaman yang panjang agar ikut. Yang relevan. Pak Presiden bilang bahwa kalau bisa disederhanakan. Jangan bikin ruwet. Karena kita ini menerima penghasilan dari pajak yang dibayar oleh masyarakat, oleh dunia usaha dan sebagainya. Kalau kita persulit, tidak masuk akal," ungkap Jonan.

Selain itu, Jonan juga menyinggung mengenai anggaran KESDM yang alokasinya mencapai Rp 6,5 triliun di mana lebih dari 50% dibelanjakan untuk belanja modal yang dikembalikan untuk masyarakat. "Mengenai anggaran, alokasinya sekitar Rp 6,5 T, dan lebih dari 50% dibelanjakan untuk belanja modal yang dikembalikan untuk masyarakat. Mudah-mudahan semakin lama semakin besar (untuk masyarakat)," ungkap Jonan.

Dalam pelantikan yang terdiri dari 3 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), 9 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon 2), 3 orang Pejabat Administrator (Eselon III), dan 7 orang Pejabat Pengawas (Eselon IV), hadir pula Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Mantan Menteri ESDM Periode 1978-1988 Subroto.

Berikut rincian 22 Nama Pejabat yang dilantik:

1. Ego Syahrial menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM

2. Rudy Suhendar menjadi Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM

3. Dadan Kusdiana menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian ESDM

4. Agung Pribadi menjadi Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM

5. Ediar Usman menjadi Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Kementerian ESDM

6. Harris menjadi Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM

7. Iwan Prasetya Adhi, menjadi Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM

8. Antonius Ratdomopurbo menjadi Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM

9. Iman Kristian Sinulingga menjadi Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi Kementerian ESDM

10. Eko Budi Lelono menjadi Kepala Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM

11. Hermansyah, menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian ESDM

12. Hedi Hidayat, menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan Kementerian ESDM

13. Edi Andayati, menjadi Kepala Bagian Anggaran Belanja pada Biro Keuangan Setjen ESDM Kementerian ESDM

14. Edi Suhanto, menjadi Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat badan Geologi Kementerian ESDM

15. Hadianto menjadi Kepala Bagian Rencana dan Laporan pada Sekretariat Badan Geologi Kementerian ESDM

16. Aang Darmawan, menjadi Kepala Subbagian Analisis dan Evaluasi Energi Baru, Terbarukan, Konservasi Energi, dan Ketenagalistrikanpada Biro Perencanaan Setjen ESDM Kementerian ESDM

17. Oktofriawan Hargiardana, menjadi Kepala Subbagian Analisis dan Evaluasi Unsur Pendukung pada Biro Perencanaan Setjen ESDM Kementerian ESDM

18. Muhammad Faisal, menjadi Kepala Subbagian Rencana dan Keuangan pada Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM Kementerian ESDM

19. Burhan Wahyudien, menjadi Kepala Seksi Keselamatan Pertambangan Mineral pada Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

20. Adhi Devawijaya, menjadi Kepala Seksi Pelayanan Usaha Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan pada Direktorat Aneka EBT Kementerian ESDM

21. Andhy Darmeidi Sipayung, menjadi Kepala Subbagian Evaluasi Dan Laporan pada Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM Kementerian ESDM

22. Hendro Dwi Bayu Abadi, menjadi Kepala Subbagian Keuangan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kementerian ESDM. (DK)