Pelantikan Pejabat Fungsional dan Penyerahan SK Kenaikan Pangkat ASN Ditjen Migas

Jakarta, Bertempat di Gedung Ibnu Sutowo, Jakarta, Senin (5/4), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji melantik dan mengambil sumpah 28 Aparatur Sipil Negara (ASN) Ditjen Migas yang telah dinyatakan lulus uji kompetensi dengan jalur pengangkatan dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian/inpassing yang dilaksanakan oleh masing-masing instansi pembina, serta kenaikan jenjang jabatan fungsional Inspektur Minyak dan Gas sebanyak 7 orang.

Pada acara yang dilakukan secara tatap muka dan virtual ini, Dirjen Migas juga menyerahkan Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang Kenaikan Pangkat Periode April 2021 kepada 40 orang yang diwakili secara simbolis kepada 3 pegawai.

"Pelaksanaan inpassing bertujuan memenuhi kebutuhan organisasi, serta memberikan jenjang karir, di mana pasca transformasi jabatan, organisasi menjadi minim struktur, namun kaya akan fungsi," kata Dirjen Migas mengawali sambutannya.

Adapun Kenaikan Pangkat merupakan penghargaan atas pengabdian dan prestasi kerja pegawai, di samping telah dipenuhinya syarat masa kerja golongan dalam pangkat terakhir, serta terpenuhinya sasaran kerja pegawai sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002.

Menurut dia, hal terpenting dari pelantikan dan penyerahan SK Kenaikan Pangkat adalah bagaimana ke depan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi yang diemban, senantiasa berjalan cepat, cermat dan produktif. "Yang prinsip, bagaimana seluruh program yang terencana dapat dilakukan dengan baik hingga mencapai sasaran yang tepat. Oleh karena itu, diharapkan saudara selalu siap dan bersedia untuk ditempatkan dan mengemban tugas dimanapun, demi kemajuan organisasi," kata Tutuka.

ASN memiliki fungsi dan peran sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa, yang bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Sehingga dibutuhkan aparatur yang kompeten dan professional. "Saya percaya, saudara memiliki kompetensi dan kualitas. Oleh karenanya, saya yakin dan percaya, saudara akan mampu melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan baik dan optimal," tegas Dirjen Migas.

Tak lupa, Dirjen Migas juga mengajak para pegawai dapat memberikan kontribusi dan sumbangsihnya bagi keberhasilan dan kemajuan Ditjen Migas. Prestasi yang telah dicapai, harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih baik lagi. (TW)