Pemda Sumsel Dukung POD I WK Sakakemang Segera Dilaksanakan

Jakarta, Pemerintah terus mengharapkan dukungan serta peran aktif Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pelaksanaan kegiatan operasi serta rencana pengembangan lapangan atau Plan Of Development (POD I) Wilayah Kerja (WK) Migas di daerah. Terkait dengan hal tersebut Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) telah beberapa kali melakukan Konsultasi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka Sinkronisasi Rencana Pengembangan Lapangan Migas dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Daerah sesuai ketentuan Pasal 21 UU 22/2001 serta Pasal 95 PP 35/2004. Salah satunya seperti Rapat Konsultasi dengan Pemda Provinsi Sumatera Selatan terkait POD I Lapangan Kalibaerau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dilaksanakan pada Rabu (23/12).

Rapat Konsultasi dengan Pemda Provinsi Sumatera Selatan terkait POD I Lapangan Kalibaerau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dilakukan secara offline dan online dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, Direktur Pengembangan Usaha Hulu Migas, Mustafid Gunawan, Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan SKK Migas dan Talisman Sakakemang B.V.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji, mengatakan, "Sangat diharapkan dukungan Pemda untuk percepatan proses perizinan yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan operasi KKKS di daerah, selanjutnya membantu penyelesaian permasalahan yang timbul yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan KKKS di daerah."

Lapangan Kaliberau dalam WK Sakakemang berada di Provinsi Sumatera Selatan Kabupaten Musi Banyuasin. Luas awal WK Sakakemang adalah sebesar 2682,79 km2, dan setelah dilakukan relinquishment saat ini Luas WK Sakakemang menjadi sebesar 536,32 km2.

Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan juga menyampaikan sambutan dari Bapak Gubernur bahwa walaupun dalam masa pandemi covid, diharapkan investasi di wilayah Sumatera Selatan dapat terus berjalan. Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat senang dan menyambut baik atas rencana pengembangan Lapangan Kaliberau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dan mendukung segala jenis investasi yang dilakukan di provinsi Sumatera Selatan.

Selain Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, juga menyampaikan dukungannya terkait rencana pengembangan Lapangan Kaliberau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dan mendukung secara administrasi, perijinan dan operasional apabila diperlukan.

"Agar pengembangan Lapangan Kaliberau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar serta menyerap tenaga kerja Lokal. pengembangan Lapangan Kaliberau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang juga diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi di Kabupaten Musi Banyuasin. Jika diperlukan dapat dibentuk tim kecil yang tugas dan fungsinya untuk mendorong dan memperlancar proses - proses yang diperlukan," papar Dodi.

Perwakilan Talisman Sakakemang B.V sebagai operator juga menyampaikan komitmen dan kesanggupan serta siap untuk melaksanakan pengembangan masyarakat dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait (Provinsi Sumatera Selatan dan Kab. Musi Banyuasin).

Koordinasi antara Ditjen Migas, SKK Migas, Talisman Sakakemang B.V dan Pemda akan terus dilakukan agar POD I Lapangan Kalibaerau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dapat segera dilakukan. Dengan adanya masukan dan dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atas rencana pengembangan Lapangan Kaliberau Dalam Wilayah Kerja Sakakemang dan semoga pelaksanaan pengembangan lapangan Kaliberau Dalam dapat memberikan manfaat untuk Penerimaan Negara dan Daerah serta multiplier effect bagi kegiatan perekonomian. (KDB)