Pemerintah Fokus Kembangkan 71 Cekungan Migas di Indonesia Timur

Jakarta, Pemerintah akan lebih memfokuskan pengembangan 71 cekungan migas yang ada di wilayah timur Indonesia untuk meningkatkan cadangan migas di masa depan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, dari 128 cekungan migas yang ada di Indonesia, lebih dari 50% nya atau sekitar 71 cekungan migas yang berada wilayah timur Indonesia belum tersentuh. Pemerintah akan memfokuskan pengembangan di 71 cekungan tersebut.

"Dari 128 (cekungan) itu, lebih dari 50% sekitar 71 cekungan yang belum pernah disentuh. Nah kebetulan cekungan yang belum pernah kesentuh ini letaknya di Indonesia bagian timur. Jadi kalau kita bicara strategi mengenai cadangan, tentunya kita fokus kepada 71 cekungan yang belum pernah disentuh, letaknya di Indonesia timur," ujar Ego dalam diskusi pertambangan dan energy expo 2010 di Hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (27/9).

Ego menyampaikan, dari 128 cekungan migas yang ada, hanya 20 cekungan yang telah berproduksi. Selain itu, juga ada sekitar 40 cekungan yang pernah dilakukan pengeboran, namun belum dalam tahap komersil.

Sementara itu, dari 71 cekungan migas di Indonesia timur ada 41 cekungan migas yang belum pernah tersentuh untuk pengeboran.

Dikatakan Ego, cadangan migas di wilayah timur Indonesia terbilang cukup besar. Misalnya, Blok Abadi Masela. Namun, kondisi alam dan serta terbatasnya infrastruktur di wilayah tersebut juga membuat sulit dilakukan survei seismik serta pengeboran. (DK)