Pemerintah Operasikan PLTMG Ternate

Ternate, Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 30 MW di PLN Kastela, Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (9/4). Peresmian pengoperasian PLTMG yang merupakan satu-satunya di wilayah Indonesia Timur ini, dilakukan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Ternate Andullah Taher, Direktur PLN Wilayah Papua, Maluku dan Maluku Utara Ahmad Rofik, serta Dirut PT Pertagas Niaga Linda Sunarti.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengungkapkan, peresmian ini merupakan salah satu pergantian penggunaan solar dengan gas dalam bentuk PLTMG, dengan kapasitas 30 MW yang memiliki kemampuan dapat melistriki 160.000 rumah tangga. Gas untuk PLTMG Kastela ini dipasok dari Bontang, Kalimantan Timur.

Dengan menggunakan gas pada PLTMG Kastela ini, mampu menghemat pengeluaran Rp 150 miliar hingga Rp 200 miliar per tahun. "Pemerintah juga bisa mengurangi impor solar karena bisa mengurangi subsidi BBM, karena gas tidak disubsidi karena kita mempunya sumber yang banyak di dalam negeri, seperti di Tanggu, Bintang dan Sulawesi," ujar Djoko.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Taher, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas beroperasinya PLTMG ini yang diharapkan mampu melayani kebutuhan masyarakat di Ternate.

Sebelumnya, Pemerintah juga telah meresmikan PLTMG di Sambera, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Gas untuk infrastruktur ini dipasok dari Bontang, Kalimantan Timur, yang berjarak 80 km dan diangkut dengan menggunakan truk. Setiap hari, sebanyak 24 truk bergantian mengisi PLTMG. (TW)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center