The 6th Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) Digelar Pekan Depan

Jakarta, Kerja sama sektor energi antara Indonesia dan Jepang telah lama terjalin. Untuk meningkatkan kerja sama tersebut, akan digelar The 6th Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) di Bali, 10 Oktober mendatang.

Energy Forum ini merupakan wadah pertemuan sektor energi dan sumber daya mineral antara Indonesia dengan Jepang sebagai hasil kesepakatan kedua negara untuk mendiskusikan potensi peningkatan kerja sama energi kedua dan sumber daya mineral yang melibatkan partisipasi dunia usaha.

The 6th Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan pada 8-9 Mei 2018 di Tokyo, Jepang. Pada pertemuan ke 6 tersebut, Delegasi Indonesia akan dipimpin oleh Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Sedangkan delegasi dari Jepang akan dipimpin oleh Tomohiro Kaneko, Deputy Commissioner for International Affairs- Agency for Natural Resources and Energy, METI.

Turut hadir pula dalam pertemuan ini, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Direktur Pembinaan Program Migas Soerjaningsih serta Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Mustafid Gunawan.

Beberapa potensi kerja sama yang akan dibahas oleh kedua negara dalam sesi pleno adalah potensi pengembangan wilayah kerja migas, kerja sama pengembangan LNG, peningkatan nilai tambah batubara dan juga pengembangan energi terbarukan.

Di samping sesi pleno, dalam Pertemuan ke 6 IJEF ini juga akan dilakukan kegiatan One on One Meeting Indonesia - Japan. Dalam kegiatan tersebut yang akan membahas lebih detail mengenai potensi bisnis small scale LNG di Indonesia, potensi kerja sama bisnis gas alam, pengembangan wilayah kerja baru migas, kerja sama pengembangan kilang minyak di dalam negeri, dan kerja sama dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia. (TW)