Launching Digital Talent Scouting Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM

Rabu (2/6), Inspektur Jenderal Kementerian ESDM, Akhmad Syakhroza, meresmikan peluncuran Digital Talent Scouting di lingkungan Inspektorat Jenderal KESDM di Jakarta. Acara peluncuran Digital Talent Scouting diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, para Inspektur, para auditor, para koordinator, para pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal KESDM, dan perwakilan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sehubungan dengan amanat Rumah ITJEN yaitu transformasi people dan dalam rangka mewujudkan Smart ASN 2024, Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM meluncurkan Digital Talent Scouting yang merupakan alat untuk mengukur kompetensi pegawai dalam bidang digital. Digital Talent Scouting menggunakan penilaian berdasarkan standar UNESCO dan Uni Eropa. Terdapat 5 area penilaian Kompetensi Digital yaitu literasi data dan informasi, komunikasi dan kolaborasi digital, kreasi konten digital, keamanan digital, kemampuan mengatasi permasalahan. Perancangan Digital Talent Scouting ini turut melibatkan Biro SDM, Biro Ortala, Pusdatin, dan PPSDM KESDM.

"Goals adalah yang utama, biarpun sudah mengikuti proses namun bila goals tidak tercapai, ya, untuk apa." arahan Inspektur Jenderal KESDM dalam acara peluncuran Digital Talent Scouting. Akhmad Syakhroza berharap seluruh pegawai Inspektorat Jenderal KESDM dapat mengikuti Digital Talent Scouting dengan baik supaya menjadi terciptanya Auditor Jaman Now dan competent person auditor yang adaptif, inovatif, dan agile.