0

11 Sumur Bor Hadir Untuk Warga Ogan Ilir

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 209.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 12 Maret 2019

11 Sumur Bor Hadir Untuk Warga Ogan Ilir

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih warga di daerah sulit air, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 11 Sumur Bor dan 125 Unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) untuk Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Pengadaan infrastuktur ESDM bagi masyarakat ini merupakan bagian dari alokasi 56% Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM tahun 2018 yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Air dan penerangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi, baik untuk konsumsi dan kebutuhan hidup lainnya, karena itu Kementerian ESDM berkomitmen untuk memberikan fasilitas sarana air bersih melalui sumur bor bagi masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah-wilayah sulit air.

"Sampai akhir tahun 2018, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2.288 unit sumur bor tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yaitu di 33 provinsi dan 312 kabupaten. Khusus untuk Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2018 telah berhasil dibangun sebanyak 21 unit sumur bor dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 1.106.914 m3 per tahun dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sebanyak 50.544 ribu jiwa penduduk,"ujar Inspektur III Kementerian ESDM, Luh Nyoman Puspa Dewi, mewakili Menteri ESDM, sebelum menyerahterimakan infrastruktur Kementerian ESDM berupa sumur bor dan PJU-TS kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (11/3).

Puspa menyampaikan, untuk tahun 2018 di Ogan Ilir telah berhasil dibangun sebanyak 11 unit sumur bor, tersebar di 9 kecamatan dan 11 desa, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 665.409 ribu m3 per tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 30.384 jiwa penduduk.

Selain sumur bor, pada kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan 125 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang merupakan wujud penyediaan energi terbarukan oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

"PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Lampu PJU-TS ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil karena sifatnya yang stand alone,"ujar Puspa.

Mewakili Bupat Ogan Ilir, Sekretaris Daerah, Rahman Rasyidi menyatakan terima kasihnya kepada Kementerian ESDM, menurutnya bantuan ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipelihara agar pemanfaatannya lebih lama.

"Alhamdulillah kita, warga ogan ilir mendapatkan percikan rakhmat dan berkat-Nya dalam bentuk Penerangan Jalan Umum dan Sumur Bor. Kita berharap nanti akan banyak lagi bantuan-bantuan serupa untuk masyarakat Sumatera Selatan. kepada masyarakat ogan ilir khususnya kecamatan lubuk batu, pak Bupati berpesan bahwa tolong manfaatkan apa saja yang telah menjadi asset daerah kita ini. Karena hal ini tidak mudah didapat, dan juga dibutuhkan perjuangan, butuh pengorbanan. Mudah-mudahan ini bisa menjadikan pahala untuk kita. Aset yang ada, harus kita pelihara. Supaya Panjang umur manfaatnya,"ujar Rahman. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center