14 Maret 2017, Tiga Gempa 5 SR Guncang Wilayah Indonesia
JAKARTA - Sepanjang hari ini, Selasa (14/3) hingga pukul 20:13:34 WIB, Indonesia diguncang tiga gempa berkekuatan lebih dari 5 Scala Richter (SR). Tiga wilayah terguncang yakni, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dengan kekuatan 5,5 SR, Puncak Jaya, Papua berkekuatan 5,0 SR dan yang terakhir di Samudera Hindia, Barat laut Kota Sabang, Provinsi Aceh dengan kekuatan 5,2 SR. Masyarakat diminta untuk tetap tenang karena ketiga gempa yang terjadi tidak menimbulkan tsunami.

Menanggapi kejadian tiga gempa tersebut, Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Ego Syahrial mengatakan, wilayah Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap gempa karena secara geografis berada diantara tiga lempeng yang bergerak aktif yakni, lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.Tiga gempa yang terjadi hari ini membuktikan hal itu, lanjut Ego.

Tiga gempa dengan maginutude 5 SR pertama di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dengan kekuatan 5,5 SR, gempa ini pukul 12:55:21 WIB berjarak 37 km timur laut dari Parigi Moutong. Pusat gempa berada pada koordinat 0.68?LU dan 121.13?BT dengan magnitudo 5.5 SR pada kedalaman 66 km. Gempa kedua mengguncang Puncak Jaya, Papua berkekuatan 5,0 SR. Gempa bumi terjadi pada pukul 16:13:23 WIB berjarak 32 km barat laut dari Puncak Jaya dengan pusat gempa bumi berada pada koordinat 3.19?LS dan 137.7?BT dikedalaman 10 km.

Gempa selanjutnya yang ketiga terjadi pada pukul 20:13:34 WIB di Samudera Hindia, Barat laut Kota Sabang, Provinsi Aceh dengan kekuatan 5,2 SR. Pusat gempa berada di koordinat 3.56?LU dan 95.45?BT pada kedalaman 78 km.

Mengenai penyebab gempa bumi, Kepala Badan Geologi memperkirakan gempa yang terjadi di Parigi diakibatkan adanya aktivitas subduksi dari utara Pulau Sulawesi. Gempa Puncak Jaya diperkirakan berasosiasi dengan sesar aktif di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Dan gempa Samudera Hindia berdasarkan posisi dan kedalamannya, diperkirakan disebabkan aktivitas penunjaman lempeng Indo-australia di bawah lempeng Eurasia.

Hingga kini belum dilaporkan adanya kerusakan dan dan korban jiwa yang diakibatkan oleh ketiga gempa ini. Masyarakat diminta untuk tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

"Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil. Tiga gempa ini tidak akan memicu terjadinya gelombang tsunami karena gempa bumi di Parigi dan di Puncak Jaya berlokasi di darat sedangkan di Samudera Hindia, meski pusat gempanya berada di laut, namun energi yang dikeluarkannya tidak cukup kuat untuk menimbulkan tsunami,"pungkas Ego. (SF)
Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi