2012, BUMN dan Swasta Produksi 300.000 Unit Converter Kit

Minggu, 15 Januari 2012 - Dibaca 2141 kali

BANDUNG - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta yang dipimpin PT Dirgantara Indonesia (DI) ditargetkan dapat memproduksi 300.000 unit converter kit atau alat konversi ke Bahan Bakar Gas (BBG) pada 2012.

"Untuk tahun-tahun berikutnya, diharapkan dapat diproduksi 1 juta unit converter kit per tahunnya," ungkap Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Widjajono Partowidagdo, dalam kunjungannya ke PT DI, Bandung (13/01/2012).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Aerostruktur PT DI, Andi Alisjahbana menjelaskan, peran PT DI pada pengadaan converter kit ini adalah sebagai pemimpin pengadaan converter kit. Namun, menurut dia, PT DI dipastikan tidak akan terlibat langsung dalam proses produksi.

Andi menjelaskan, PT DI hanya bertugas membuat portofolio dan standarisasi kualitas. "PT DI akan fokus pada rancangan, sistem, dan keamanan. Sementara untuk produksi melibatkan BUMN dan pabrikan swasta lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah optimistis BUMN dan perusahaan swasta mampu memproduksi converter kit. Dari BUMN di antaranya PT DI, PT Inti, PT Krakatau Steel, dan PT Pindad, yang didukung delapan perusahaan swasta lainnya. (KO)

Bagikan Ini!