345 Paket Perdana Konkit Dibagikan untuk Nelayan Bandar Lampung

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 648.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 8 November 2019

345 Paket Perdana Konkit Dibagikan untuk Nelayan Bandar Lampung

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mendistribusikan paket konveter kit Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg kepada nelayan kecil. Kali ini sebanyak sebanyak 345 paket perdana konkit di tahun 2019 dibagikan kepada nelayan Bandar Lampung.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso mengatakan, program Konversi BBM ke Bahan Bakar Gas Untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan Sasaran akan menciptakan energi bersih sekaligus menekan penggunaan BBM.

"Dengan LPG juga memberikan energi bersih, mengurangi konsumsi BBM," ungkap Alimuddin saat menyerahkan paket konkit di TPI Lempasing, Kota Bandar Lampung, Kamis (7/11).

Penggunaan konkit LPG 3Kg, urai Alimuddin, bisa menghemat biaya operasional penggunaan LPG sampai dengan sekitar 30% dengan asumsi tanpa ada subsidi. Jika diasumsikan dengan biaya subsidi yang berlaku sekarang ini baik untuk bensin maupun LPG, maka penghematan yang diperoleh bisa mencapai sekitar 50%.

Paket perdana konkit BBM ke Bahan Bakar Gas untuk Kapal Penangkap Ikan bagi Nelayan Sasaran terdiri atas beberapa komponen yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, 2 buah tabung LPG 3 kg, as panjang dan baling-baling, serta aksesoris pendukung lainnya (reducer, regulator, mixer, dll).

Kriteria nelayan yang menerima bantuan adalah nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT) dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Secara umum, program ini bertujuan mengurangi penggunaan BBM, menjaga daya beli masyarakat terhadap bahan bakar gas hingga mengurangi biaya melaut yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai informasi, pembagian paket konkit untuk nelayan sasaran telah dilaksanakan Pemerintah sejak 2016. Hingga tahun 2018, Pemerintah telah mendistribusikan 47.554 unit paket konkit di 73 kabupaten/kota dan pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan pembagian sebanyak 13.305 unit paket di 38 kabupaten/kota. Untuk tahun 2020, Pemerintah merencanakan akan membagikan 40.000 unit paket di 26 provinsi. (TW/NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (081122135)