36 Pelamar CPNS Kementerian ESDM Ikuti Tes Kemampuan Dasar Di Kantor Regional X BKN - Denpasar

Kamis, 6 Februari 2020 - Dibaca 530 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 059.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 6 Februari 2020

36 Pelamar CPNS Kementerian ESDM Ikuti Tes Kemampuan Dasar Di Kantor Regional X BKN - Denpasar

36 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) berbasis internet Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional X BKN - Denpasar Bali hari ini, Kamis (6/2). Selain Bali, Tes TKD juga akan dilaksanakan di Jakarta, Makasar, Banjarmasin, Padang, Bandung dan Surabaya.

Untuk tahun 2019, Kementerian ESDM membuka lowongan untuk 50 formasi CPNS, terdiri dari 20 jabatan yang akan ditempatkan di unit penempatan kerja, dengan kebutuhan Kementerian ESDM sebanyak 43 formasi umum, 5 formasi cumlaude, 1 formasi disabilitas dan 1 formasi putra-putri Papua dan Papua Barat.

Sesaat sebelum test TKD dimulai, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Agus Pramusinto dalam arahannya mengatakan, bahwa test pengadaan CPNS berbasis internet (CAT) ini merupakan upaya Pemerintah untuk merekrut CPNS lebih transparan sehingga tidak adalagi KKN (kolusi, korupsi dan nepotisme).

"Yakinlah tes yang kita lakukan saat ini sudah sangat transparan. Pemerintah sudah berusaha untuk tidak adalagi KKN, semua sudah berbasis sistem seperti ini, jangan percaya jika ada pihak-pihak yang mengaku dapat membantu dapat diterima jika memberi sejumlah imbalan,"ujar Agus.

Agus mengingatkan kepada semua peserta CPNS agar jika tidak diterima tidak usah berkecil hati masih banyak ditempat lain untuk berkarya di sektor lain atau di swasta tidak harus di Pemerintahan yang terpenting berbuat dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Kepada seluruh peserta CPNS untuk diketahui bahwa tidak seluruhnya peserta masuk, tetapi ketika tidak masuk janganlah beranggapan PNS itu satu-satunya, masih banyak pilihan yang lain, jadi hari ini bukan kiamat, kalau hari ini tidak diterima, masih ada kesempatan tahun depan atau di bidang lain, yang terpenting masih punya motivasi dan semangat untuk tetap berusaha mengabdi dimanapun," tambah Agus.

c-WhatsApp%20Image%202020-02-06%20at%200

Tes yang harus dilalui pelamar CPNS ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berdasarkan hasil akhir yang dapat dilihat secara langsung, Nabila Nuswantara (25 Th) lulusan Teknik Elektro Universitas Udayana Bali meraih skor tertinggi yakni sebesar 415, disusul kemudian Nyoman Surya Gunawan 407 dan Ni Luh Nyessa Divana dengan skor 392.

Ditemui usai melaksanakan TKD, Nabila berharap dengan nilai yang didapat hari ini dapat mengantarkannya ke tahap selanjutnya dan bergabung bersama Keluarga Besar Kementerian ESDM.

"Semoga dengan hasil yang saya peroleh hari ini, saya dapat diterima sebagai Analis Ketenagalistrikan di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, sehingga saya dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara di sektor ESDM," ujar Nabila.(SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!