0

Aplikasi Magma, Aplikasi Kelas Dunia Yang Dapat Menyelamatkan Banyak Jiwa

JAKARTA - Tidak ada yang dapat memastikan kapan terjadinya sebuah bencana. Hanya Tuhan Yang Maha Esalah yang dapat memastikan terjadinya sebuah bencana, namun demikian manusia dengan akal fikirannya dapat berikhtiar untuk memprediksikan kapan terjadinya bencana sehingga korban jiwa dan material dapat dihilangkan atau diminimalkan. Dalam rangka ikhtiar tersebut, Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat aplikasi tentang kebencanaan geologi Yang dinamakan Multiplatform Aplication for Geohazard Mitigation and Assesment (Magma Indonesia).

Selain dapat mengirim notifikasi terjadinya bencana, aplikasi itu juga dapat menampilkan beragam data teknis bencana geologi yang terjadi. Termasuk status gunung api di Indonesia, hingga mengunduh peta kawasan rawan bencananya, serta rekomendasi yang diterbitkan PVMBG untuk masing-masing gunung api.

"Aplikasi Magma adalah aplikasi multiplatform yang dibuat secara mandiri oleh Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Geologi (PVMBG). Aplikasi ini berisikan Indormasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif", ujar Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial.

Aplikasi berbasis open Source terbaru ini dapat diakses masyarakat menggunakan komputer ataupun telepon seluler pintar dengan aplikasi ini diharapkan dapat meminimalisir korban jiwa dan kerusakan yang diakibatkan bencana geologi, lanjut Ego.

Aplikasi MAGMA Indonesia juga telah muncul dalam pemberitaan nasional dan bahkan internasional, seperti Wall Street Journal, yang menyebut bahwa teknologi mitigasi bencana MAGMA Indonesia sudah sangat maju dan membantu banyak pihak untuk mengurangi risiko bencana.

Aplikasi ini juga sudah diperkenalkan dipertemuan City of Volcanoes Confrence, sejumlah lembaga dari beragam negara menyatakan tertarik dengan aplikasi itu, bahkan The United States Geological SurveyUSGS meminta agar aplikasi ini digunakan diseluruh dunia.

"Badan Geologi telah menciptakan aplikasi yang inovatif. Aplikasi yang menggabungkan data dari seluruh Indonesia ini dapat membuat masyarakat lebih memahami bahaya gunung berapi sehingga dapat membantu menyelamatkan jiwa dan harta benda", ujar Jhon Pallister Kepala Disaster Vulcano Assistence Program USGS Amerika.

"Aplikasi ini sangat penting dan sangat sedikit organisasi dunia yang memiliki aplikasi sejenis seperti ini. Aplikasi ini nomor satu kelas dunia", tambah Jhon. (SF)

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi