0

Bangun 4 Sumur Bor, Kementerian ESDM Atasi Sulitnya Air di Daratan Madura

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 176.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 28 Februari 2019

Bangun 4 Sumur Bor, Kementerian ESDM Atasi Sulitnya Air di Daratan Madura

Ungkapan syukur disampaikan Abdullah Hidayat, Wakil Bupati Sampang, jawa Timur atas diserahkannya 2 unit sumur bor air bersih yang dibangun oleh Badan Geologi, Kementerian ESDM di daerahnya. Selain di Kabupaten Sampang, 1 unit sumur bor diserahkan secara simbolis unituk Kabupaten Bangkalan dan 1 unit di Kabupaten Pamekasan.

"Terima kasih kepada jajaran Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan air bersih. Diharapkan tahun-tahun berikutnya ada bantuan sumur bor lagi di Kabupaten Sampang khususnya di Desa-Desa yang kesulitan air bersih." ucap Abdullah saat menerima sumur bor air bersih yang berlangsung di Desa Temoran, Kec. Omben, Kab. Sampang, Kamis, (28/2). Lokasi sumur bor berada di tengah perkebunan yang berjarak satu jam perjalanan dari pusat Kabupaten Sampang.

Memberikan akses air bersih kepada daerah yang sulit air memang menjadi prioritas bagi pemerintah, mengingat perannya yang begitu penting dalam aktivitas sehari-hari. "Air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, baik untuk konsumsi dan kebutuhan hidup lainnya. Namun demikian tidak dapat dipungkiri, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang masih mengalami kesulitan air bersih, baik karena kondisi alam, maupun karena terbatasnya kemampuan pendanaan masyarakat untuk memperoleh air." Jelas Muhamad Hendrasto, Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, Kementerian ESDM, mewakili Menteri ESDM menyerahkan sumur yang dibangun dengan APBN Kementerian ESDM tahun 2018 tersebut.

Beberapa daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur khususnya di daratan Madura masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya. Sulitnya air di beberapa titik Pulau Madura ini telah mendorong Badan Geologi membangun sumur bor air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2018, untuk Kabupaten Sampang sendiri telah dibangun 18 unit sumur bor dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 930.309 m3/tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sebanyak 42.480 jiwa penduduk.

Dalam merealisasikan 4 sumur bor air bersih ini, Pemerintah Pusat melakukan koordinasi intensif dengan Pemerintah Daerah setempat. Kementerian ESDM juga telah menggelontorkan dana sebesar Rp 1,6 Milyar untuk pembangunan 4 sumur bor dan fasilitasnya. Rincian ke empat daerah di daratan Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur tersebut adalah sebagai berikut:
- Desa Temoran, Kec. Omben, Kabupaten Sampang;
- Desa Tambaan, Kec. Camplong, Kabupaten Sampang;
- Desa Alas Kembang, Kec. Burneh Barat, Kabupaten Bangkalan;
- Desa Tlonto Raja, Kec. Pasean, Kabupaten Pamekasan;

"Sampai dengan akhir tahun 2018, Badan Geologi, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2.290 unit sumur bor tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun, yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa," papar Muhamad Hendrasto. (KA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center