Cegah Penyebaran COVID-19, Kementerian ESDM Kembali Berikan Bantuan di Berbagai Provinsi

Minggu, 3 Mei 2020 - Dibaca 845 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 174.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 3 Mei 2020

Cegah Penyebaran COVID-19, Kementerian ESDM Kembali Berikan Bantuan di Berbagai Provinsi

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali memberikan bantuan. Setelah sebelumnya kepada Puskesmas-Puskesmas dan Rumah Sakit Angkatan Udara, kali ini Kementerian ESDM memberikan bantuan kepada Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 di empat provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Provinsi Bali.

"Kepada Satgas Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, kami menyampaikan masing-masing 10 ribu masker medis dan 5 ribu handwash pada Jumat, tanggal 1 Mei 2020," ujar Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kementerian ESDM Endang Sutisna.

c-WhatsApp%20Image%202020-05-03%20at%201

Sementara itu, keesokan harinya, Kementerian ESDM juga menyampaikan 10 ribu masker medis dan 5 ribu handwash kepada Satgas COVID-19 ke Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyaksikan langsung serah terima bantuan ini.

"Pada hari Sabtu, tanggal 2 Mei 2020, serah terima bantuan masker medis dan handwash di Provinsi Jawa Timur Alhamdulillah dapat disaksikan langsung oleh Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa," lanjut Endang.

Di samping itu, Kementerian ESDM juga menyerahkan 5 ribu masker kain dan 5 ribu handwash kepada Satgas COVID-19 di Provinsi Bali.

"Hari ini, kami juga menyerahkan sumbangan berupa masker kain dan handwash ke Satgas COVID-19 Provinsi Bali, masing-masing 5 ribu buah," kata Endang.

Sebagaimana diketahui, masker dan handwash tersebut merupakan bantuan dari stakeholders sektor ESDM yang dikoordinir oleh Kementerian ESDM untuk masyarakat khususnya di wilayah zona merah Covid-19.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kementerian ESDM juga telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, yakni terdiri dari helm face shield anti pecah, masker N95, masker medis, kacamata pelindung, pakaian hazmat, sarung tangan, dan sepatu boot kepada tiga Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU), yaitu RSAU Halim Perdanakusuma, RSAU Madiun dan RSAU Yogyakarta.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kementerian ESDM merupakan Tim reaksi cepat yang dibentuk Menteri ESDM Arifin Tasrif melalui Keputusan Menteri ESDM. Tim yang beranggotakan Pegawai internal di lingkungan Kementerian ESDM dan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) ini dibentuk agar dapat dilakukan langkah-langkah cepat, cermat, terpadu antar Unit Organisasi di lingkungan Kementerian ESDM dan SKK Migas untuk melakukan pencegahan dan penanganan wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!