Dukungan Operator Telekomunikasi Sukseskan Contact Center ESDM136

Rabu, 15 Agustus 2018 - Dibaca 1443 kali

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini, Rabu (15/8), meluncurkan Contact Center ESDM136. Contact Center ESDM136 didukung oleh sejumlah operator telekomunikasi, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri, Smartfren, dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI).

Kementerian ESDM mengundang perwakilan dari seluruh operator telekomunikasi pada peluncuran Contact Center ini. "Kami mengundang perusahaan telekomunikasi yang telah memberikan dukungan untuk layanan contact center ESDM136. Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh undangan, sehingga kita bisa menjalankan acara launching contact center ESDM136 ini dengan baik,"tutur Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan bahwa pihaknya merasa senang menjadi bagian dari Contact Center ESDM136. Telkomsel juga mendukung pelayanan publik yang lebih mudah dan nyaman dari Kementerian ESDM. "Kami senang dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian ESDM bagi masyarakat Indonesia. Dengan layanan satu pintu melalui contact center 136 bagi pelanggan dari seluruh operator seluler, Kementerian ESDM tentunya akan dapat memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman kepada masyarakat," ujar Ririek.

Selain Telkomsel, XL Axiata menyatakan dukungannya kepada Kementerian ESDM yang terus meningkatkan layanan komunikasi kepada publik melalui Contact Center ESDM136. Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, "Kami mendukung sepenuhnya atas peluncuran Call Center 136 ini yang akan semakin mempermudah masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, melakukan interaksi dengan pihak Kementerian ESDM. Keberadaan layanan ini tentu sangat penting mengingat banyaknya layanan publik yang menjadi kewenangan Kementerian ESDM."

Tidak berbeda dengan Telkomsel dan XL, Indosat Ooredoo juga mendukung Contact Center ESDM136 dan berharap layanan ini dapat menciptakan komunikasi yang interaktif antara Kementerian ESDM dan masyarakat. "Indosat Ooredoo sangat senang bisa mendukung Kementerian ESDM dalam membuka saluran komunikasi kepada masyarakat dalam memperoleh informasi terkait sektor ESDM, khususnya di era digital saat ini dimana semua informasi dengan mudah diakses dan bersifat transparan. Kami berharap di satu sisi program ini akan dapat meningkatkan kinerja Kementerian ESDM dan di sisi lain tercipta komunikasi yang interaktif yang akan memberikan manfaat bagi kementerian dan masyarakat secara umum," demikian disampaikan Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman.

Operator telekomunikasi Tri juga turut mendukung layanan Contact Center ESDM136 dengan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan Tri. Dukungan tersebut juga salah satu partisipasi Tri pada pembangunan bangsa. "Kami siap mendukung Contact Center 136 ESDM dengan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan Tri ke Kementrian ESDM untuk mendapatkan beragam informasi dan menyampaikan aspirasi seputar permasalahan di sektor ESDM. Dukungan ini sebagai wujud partisipasi Tri pada pembangunan bangsa," ujar Chandra Hawan Aden, Direktur Intercarrier, Government and Regulatory Relations Hutchison 3 Indonesia.

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachyz juga menyatakan dukungan Smartfren untuk layanan Contact Center ESDM136 karena juga. "Smartfren sangat bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan dari Kementerian ESDM. Dengan hadirnya Contact Center yang dapat diakses melalui nomor telepon 136 tentunya masyarakat dapat lebih mudah berinteraksi dengan Kementerian ESDM. Sekaligus hal ini dapat dimaknai sebagai bentuk dukungan terhadap good governance di mana informasi terkait Kementerian dapat semakin mudah diperoleh," ujar Merza.

Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) pun memastikan diri akan mendukung dan menyukseskan Contact Center ESDM136. "PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia sebagai Operator Telekomunikasi Seluler dengan merek dagang Net1Indonesia dipastikan akan turut mendukung dan mensukseskan peluncuran Contact Center 136 demi memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat Indonesia," ujar Direktur Legal & Regulatory STI Eko Budirahardjo.

Sebagaimana diketahui, Contact Center ESDM136 dapat diakses melalui pesawat telepon maupun telepon seluler dengan menekan nomor 136. Biaya yang dikenakan pada masyarakat jika menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon di luar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM.

Penulis: Dyah Kusuma Dewi

Bagikan Ini!