1

Gempa 5,2 Magnitudo di Mamasa, Masyarakat  Diimbau Tetap Tenang

Gempa dengan magnitude 5,2 terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat, pukul 16:42 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan bahwa gempa bumi pada kedalaman 11 KM tersebut terjadi akibat aktivitas Sesar Saddang disekitar daerah tersebut yang relatif berarah barat laut - tenggara.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 119,41? BT dan 2,92? LS, dengan magnitudo 5,2 pada kedalaman 11 km, berjarak 9 km tenggara Mamasa, Sulawesi Barat," sebagaimana informasi dari rilis PVMBG.

PVMBG mengungkapkan bahwa wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan sedimen dan batuan malihan (metamorf) berumur Pra Tersier yang membentuk lajur sesar dengan lereng curam dan sebagian lapuk. Batuan yang lapuk, urai, lepas, dan belum kompak (unconsolidated) dapat bersifat memperkuat guncangan gempa bumi

Adapun dampak dari gempa bumi, PVMBG menjelaskan intensitas guncangan gempa bumi terbesar akan dirasakan di wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi, dan semakin melemah seiring bertambahnya jarak dengan pusat gempa bumi. Berdasarkan BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Mamasa dengan intensitas II-III MMI (Modified Mercalli Intensity), Rantepao II MMI, dan Polewalimandar II MMI.

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena sumbernya berada di darat. Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Penulis: Dwi Antoningtyas

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center