Gempa Bumi Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Bengkulu

Minggu, 30 Desember 2018 - Dibaca 673 kali

Bengkulu diguncang gempa bumi berkekuatan 5,7 magnitudo pada Minggu (30/12) pukul 15:39 WIB. Pusat gempa berada pada kedalaman 192 KM, dan berjarak 42 KM timur laut Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 102,25? BT dan 2,77? LS," demikian rilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari BMKG, intensitas guncangan gempa bumi yang dirasakan dengan intensitas IV MMI (Modified Mercalli Intensity) yaitu kota Bengkulu, kemudian Lebong, Manna, Muko-muko, dan Pesisir Selatan sebesar III MMI. Sedangkan intensitas sebesar II MMI dirasakan di Kota Padang, Pariaman dan Kepulauan Mentawai.

PVMBG merinci bahwa penyebab gempa bumi karena adanya aktivitas penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di lokasi tersebut. Selain itu, gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempa berada di darat.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Penulis: Dwi Antoningtyas

Bagikan Ini!