Halal Bi Halal Virtual, Sekjen ESDM: Walau WFH, Pegawai Tetap Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Rabu, 27 Mei 2020 - Dibaca 378 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 189.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 27 Mei 2020

Halal Bi Halal Virtual, Sekjen ESDM: Walau WFH, Pegawai Tetap Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Keluarga besar Sekretariat Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan halal bi halal secara virtual dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Dalam acara ini, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial meminta kepada seluruh pegawai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM meski bekerja di rumah (working from home/WFH) tetap dapat mempertahankan produktivitas kerja serta dapat terus meningkatkan kompetensinya masing-masing.

Ego mengatakan, meski WFH, terbukti pegawai Sekretariat Jenderal tetap dapat melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Selanjutnya, dalam sambutannya Ego juga memohon maaf kepada seluruh pegawai Sekretariat Jenderal.

"Atas nama pribadi, saya menghaturkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, struktural, fungsional, honorer, pegawai tidak tetap, tenaga alih daya dan juga keamanan," ujar Ego.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 54 Tahun 2020, saat status Pegawai Negeri Kementerian ESDM adalah working from home. Meski bekerja dari rumah, menurut Ego, seluruh pegawai Sekretariat Jenderal dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang sudah ditargetkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat dan pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM meski dalam suasana working from home ini, namun seluruh pegawai Sekretariat Jenderal masih tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh unit kerja yang ada diseluruh Kementerian ESDM. Kepada seluruh biro dan pusat saya ucapkan terima kasih, betul-betul menjaga disiplin walaupun kita bekerja dari rumah, meski tidak dapat memberikan pelayanan prima 100% namun seluruh target-target yang diminta pimpinan dapat dilaksanakan," lanjut Ego.

Selanjutnya Ego mengatakan, ke depan kita akan menghadapi apa yang disebut era "new normal", termasuk di Kementerian ESDM. Sehubungan dengan hal tersebut, arahan Menteri ESDM agar new normal yang dilaksanakan di Sekretariat Jenderal dapat menjadi role model untuk seluruh unit unit di lingkungan Kementerian ESDM.

"Sekretariat Jenderal akan melaksanakan new normal, pada saat WFH ini dicabut dan sudah masuk kantor seperti biasa, kita akan melaksanakan semua protokol kesehatan seperti yang sudah dikeluarkan Kementerian Kesehatan, World Health Organization (WHO) dan lain sebagainya," tegas Ego.

Beberapa Protokol kesehatan yang akan diterapkan antara lain, setiap pegawai yang masuk kantor, mulai saat keluar rumah, di perjalanan hingga sampai ke gerbang kantor harus menggunakan masker. selanjutnya, sebelum memasuki ruang kantor, pegawai diwajibkan untuk mencuci tangan dan ke ruang thermal untuk mengukur suhu terlwbih dahulu.

"Seluruh pegawai yang masuk kantor sudah setidak-tidaknya sudah dilakukan rapid test atau PCR (Polymerase Chain Reaction). Nanti pegawai yang masuk akan diatur agar jarak antar pegawai sesuai dengan protokol yang ada, termasuk di kantin dan masjid. Jadi ada protokol baru yang harus kita laksanakan dimana sebelumnya tidak pernah kita lakukan.

Selain protokol kesehatan yang harus dilaksanakan pegawai, Sekretariat Jenderal juga akan mendisain ulang gedung yang ada agar sirkulasi udaranya dapat berjalan lebih baik.

"Sirkulasi udara di setiap gedung Sekretariat Jenderal juga sedang kita desain ulang. Gedung heritage, seluruh jendelanya akan kita buka," pungkas Ego. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!