0

Kaleidoskop 2018 (3): Presiden Jokowi Resmikan PLTB Komersil Terbesar Pertama, Peningkatan Kualitas Pelayanan ESDM Jadi Prioritas

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
NOMOR: 0009.Pers/04/SJI/2019
Tanggal: 3 Januari 2019

Kaleidoskop 2018 (3): Presiden Jokowi Resmikan PLTB Komersil Terbesar Pertama, Peningkatan Kualitas Pelayanan ESDM Jadi Prioritas

Pemenuhan target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025 menjadi salah satu fokus Pemerintah dalam memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia di tahun 2018. Pada triwulan ketiga 2018, sejumlah infrastruktur Pembangkit Tenaga Listrik EBT, seperti PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan hingga PLT Biomassa (PLTBm) Kalimantan Barat dioperasikan. Langkah ini diikuti dengan penerbitan sejumlah regulasi sebagai payung hukum atas pelaksanaan pemanfaatan EBT.

Progress cukup baik juga terlihat pada penyelesaian perundingan Freeport yang ditandai dengan penandatangan perjanjian Sales and Purchase Agreement (SPA) pada akhir kuartal ketiga sebagai kelanjutan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) di bulan Juli.

Di tengah perjuangan meningkatkan pemerataan infrastruktur sektor ESDM di pelosok-pelosok wilayah Indonesia, dua kali bencana gempa bumi disertai likuifaksi melanda provinsi Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah. Langkah cepat pun ditempuh Kementerian ESDM dengan menerjunkan Emergency Responce Team (ERT) guna memperbaiki sebagian besar infrastruktur ESDM yang mengalami kerusakan parah.

Peningkatan infrastruktur ini diiringi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya launching pelayanan informasi sektor ESDM melalui Call Center 136.

Berikut antara lain review kejadian di sektor energi yang terjadi pada kuartal ketiga tahun 2018:

JULI
1 Juli - 11 (sebelas) unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) untuk mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), penegakan KKN dan peningkatan kualitas pelayanan public.

2 Juli - Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) komersial pertama di Indonesia di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan. PLTB Sidrap berkapasitas 75MW.

9 Juli - Salah satu inovasi dari Puslitbang tekMIRA, yakni Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) melaju ke Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional.

11 Juli - 4 (empat) Kontrak Bagi Hasil Gross Split yang berakhir kontrak kerja samanya pada tahun 2019 dan 2020, yaitu WK Bula, Salawati, Kepala Burung dan Malacca Strait telah diteken.

12 Juli - Penandatanganan pokok-pokok perjanjian divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan Pemerintah Indonesia yang dihadiri oleh Menteri Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Direktur Utama Inalum dan PTFI.

17 Juli - Kontrak Gross Split hasil penawaran Wilayah Kerja Migas 2018 telah ditandatangani, yaitu Wilayah Kerja East Seram, East Ganal dan Southeast Jambi

20 Juli - Pemerintah merilis dua Peraturan Menteri ESDM di bidang panas bumi, yaitu Peraturan Menteri (Permen) Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Panas Bumi Untuk Pemanfaatan Tidak Langsung dan Permen Nomor 37 Tahun 2018 tentang Penawaran Wilayah Kerja Panas Bumi, Pemberian Izin Panas Bumi dan Penugasan Pengusahaan Panas Bumi.

21 Juli - Lembaga penyalur BBM Satu Harga berupa SPBU Kompak merambah ke Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara.

29 Juli - Gempa bumi berkekuatan M6,4 mengguncang Lombok Timur diikuti diikuti oleh 118 gempa bumi susulan (aftershock) dengan kisaran magnituda M5.7 - M2.1.

30 Juli - Fasilitas penyimpanan dan regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG) pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sambera resmi beroperasi di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

AGUSTUS
3 Agustus - Masyarakat di Kabupaten Asmat (Prov. Papua), Kabupaten Nias (Prov. Sumatera Utara) dan Kabupaten Kepulauan Sula (Prov. Maluku Utara) sudah bisa menikmati BBM Satu Harga.

5 Agustus - Gempa bumi berkekuatan M7,0 kembali mengguncang Lombok.

11 Agustus - warga Puldama, Yahukimo, Papua bisa menikmati penerangan berkat hadirnya 1.085 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di wilayah mereka.

13 Agustus - BPH Migas bersama PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk akan memasang digitalisasi nozzel pada 5.518 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

15 Agustus - Kementerian ESDM meluncurkan layanan "Contact Center ESDM 136" yang dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan cukup menekan 136.

19 Agustus - Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali diguncang gempa dengan magnitudo 5,4.

24 Agustus - Menteri Jonan menekan Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2018 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel Dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dan beberapa aturan turunannya.

27 Agustus - Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan meluncurkan APPLE-GATRIK (Aplikasi Penghitungan dan Pelaporan Emisi Ketenagalistrikan).

31 Agustus, Pemerintah secara resmi meluncurkan perluasan Mandatori B-20 merupakan langkah Pemerintah guna mendorong ekspor dan memperlambat impor dalam rangka menyehatkan neraca perdagangan.

Pada bulan ini juga ditandatangani Kontrak Bagi Hasil Gross Split WK Brantas yang merupakan salah satu WK Terminasi yang akan berakhir kontraknya pada 2020.

SEPTEMBER
4 September - 34 Pemerintah Provinsi telah menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah untuk Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

5 September - Seluruh pelaku industri mineral dan batubara (minerba) diwajibkan melakukan transaksi hasil ekspor dengan menggunakan rekening bank domestik melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 1952 /84/MEM/2018

9 September - Dua lembaga penyalur BBM Satu Harga merambah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan SPBU Kompak Bokondini di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.

21 September - Pemerintah memberikan bantuan konverter kit (konkit) bagi nelayan di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

22 September - Badan Geologi Kementerian ESDM menggandeng International Association on Volcanology and Chemistry of Earth Interior (IAVCEI) menggelar The 7th International Workshop on Collapsed Calderas yang diselenggarakan di Tabo Cottage, Tuktuk Samosir, Sumatera Utara.

24 September - Provinsi Kalimantan Barat untuk pertama kalinya memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) berkapasitas 10 MW.

26 September - Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) proyek PLTBm (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa) Deli Serdang dengan kapasitas 1 x 9,9 MW antara PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara dengan PT Cipta Multi Listrik Nasional.

27 September - PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto menandatangani perjanjian Sales and Purchase Agreement (SPA) sebagai kelanjutan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke INALUM. Penandatanganan ini disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

28 September - Tsunami, likuifaksi dan gempa bumi berkekuatan M7,7 mengguncang Donggala, Sulawasi Tengah mengikuti pola patahan Palu-Karo.

Perpanjang pengelolaan Blok Sengkang oleh operator eksisting Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd selama 20 tahun setelah masa kontrak berakhir tahun 2022 juga terjadi pada bulan ini. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama
Agung Pribadi (08112213555)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center