0

Kementerian ESDM Pastikan Pasokan Premium di Sumatera Barat Stabil

PADANG - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Sumatera Barat tidak akan mengalami kelangkaan.

"Pertamina sudah janji kepada saya tidak ada kelangkaan premium," ujar Arcandra kepada para wartawan usai mengisi ceramah Tarawih di Masjid Raya Padang mengakhiri rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Barat, Kamis (24/5) kemarin.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, tegas Arcandra, premium harus tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Ini seiring hal ini dengan keinginan Presiden mengakselerasi pembangunan sehingga bisa memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Senada dengan Arcandra, Kepala Dinas ESDM Provinsi Barat Heri Martinus mengonfimasi tidak ada kelangkaan BBM jenis premium ini. "Kami sudah panggil Hiswana Migas. Tidak ada kelangkaan. Dulu (sempat terjadi kelangkaan) karena masih dua bulan pertama, jadi penyalurannya 80% dari kouta yang biasa," jelas Heri.

Oleh karena itu, Heri mengimbau masyarakat di Sumatera Barat tetap tenang atas penyediaan dan pendistribusiaan BBM jenis premium.

Dalam pendistribusian BBM, Pemerintah memberikan jaminan pemenuhan kebutuhan BBM bagi masyarakat, termasuk juga pemenuhan kebutuhan BBM jenis Premium. "Kebutuhan masyarakat terhadap BBM harus diutamakan", ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto beberapa waktu lalu.

"Masyarakat lebih penting dari lain-lain. Masyarakat itu tidak mengenal atau tidak mau tahu (kesulitan penyaluran BBM). Dia butuh BBM dan UU Migas itu menyatakan Pemerintah wajib menyediakan kebutuhan BBM," tegas Djoko.

Pemerintah telah meminta PT Pertamina menyalurkan BBM jenis Premium ke masyarakat sesuai dengan kebutuhan. "Pemerintah yang penting kebutuhan masyarakat terpenuhi. Bukan jumlahnya. Kalau memang kebutuhan masyarakat cuma tambah 10%, ya (BBM) tambah 10%," ungkap Djoko.

(Penulis: Naufal Azizi/Khoiria Oktaviani)

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi