Kementerian ESDM Serius Garap Zona Integritas

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 422.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 2 Juli 2019

Kementerian ESDM Serius Garap Zona Integritas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan perbaikan dalam penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Nasional (TPN) di lingkungan Kementerian ESDM.

Hari ini, Selasa (2/7) Kementerian ESDM mengumpulkan tim penggerak zona integritas dan perwakilan agen perubahan di lingkungan Kementerian ESDM di Cepu Jawa Tengah untuk berbagai tips dan pengalaman dalam menyiapkan segala instrumen untuk bisa menambah point Reformasi Birokrasi agar lebih optimal. Tenaga Ahli Bidang Internal Audit Capability Model (IACM) Kementerian ESDM Kasminto berpesan, "Nilai RB tahun ini adalah minimal 85,01 untuk Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB)".

Acara Persiapan Penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM Oleh Tim Penilai Nasional (TPN) di lingkungan Kementerian ESDM Tahun 2019 ini di buka oleh Plt. Inspektur V Kementerian ESDM Sahid Junaidi dengan narasumber Tenaga Ahli Menteri IACM Kementerian ESDM Kasminto, Anggota Komite Audit KESDM Ani Maharsi, Kepala Pusat P3TEKBTKE Sujatmiko dan Kepala Bagian Manajemen Perubahan Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Nur Amin Astohar.

c-WhatsApp%20Image%202019-07-02%20at%201

Sahid Junaidi berpesan, "Capaian-capaian yang telah diraih KESDM sangat luar biasa, diantaranya hasil audit BPK meraih WTP tanpa catatan, LHKASN dan LHKPN terpenuhi, nilai RB meningkat terus, Lakip, dan sebagainya, seharusnya WBK/WBBM setidaknya ada penambahan nilai minimal 50% dari unit-unit eselon dua di lingkungan KESDM".

Namun Nur Amin Astohar Kepala Bagian Manajemen Perubahan Biro Ortala menyampaikan masih ada layanan unit yang ketika di survei belum sesuai dengan nilai yang di submit oleh unit-unit pada waktu penilaian mandiri zona integritas, perlu di tingkatkan kinerja dan pelayanan unit. "Jadi jangan hanya bagus pada saat penilaian ZI saja, melayani sepenuh hati itu suatu keharusan", tandasnya. (BW)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)