Kerjasama Indonesia-Australia Sektor Energi Akan Ditingkatkan

Rabu, 28 Juni 2006 - Dibaca 16598 kali

Pada pertemuan bilateral tingkat Menteri kemarin, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro menyampaikan berbagai hal yang dapat dikerjasamakan antara kedua negara terutama beberapa subyek yang sebelumnya dibahas pada pertemuan kelompok kerja (working group) bidang energi dan mineral Indonesia-Australia. Secara khusus, Menteri Purnomo tertarik dengan pengalaman Australia dalam pengembangan Coal Bed Methane (CBM) yang memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan gas domestik Australia. Indonesia sendiri memiliki potensi CBM yang cukup besar yang belum dimanfaatkan.

Sementara itu pada pertemuan kelompok kerja bidang energi dan mineral yang berlangsung tanggal 26-27 Juni 2006 dimana delegasi Indonesia diketuai oleh Dra. Nenny Sri Utami, Kepala Badan Litbang DESDM, berhasil diidentifikasi beberapa subyek kerjasama antara lain dalam kerjasama penelitian untuk mineral dan batubara (CBM, gasifikasi batubara, pencairan batubara, pembuatan coke batubara, dan pemanfaatan feldspar.

Selain itu kerjasama di bidang pengembangan ketenagalistrikan serta pengembangan sumber daya manusia juga akan ditingkatkan. Pada acara Senior Official Meeting, DESDM diwakili oleh Dr. Hikman Manaf, Staf Ahli Menteri Bidang Kewilayahan dan Lingkungan yang melaporakn mengenai hasil-hasil pertemuan dari kelompok kerja bidang energi dan mineral. Secara umum pertemuan bilateral antara Indonesia-Australia ini sangat positif dalam rangka peningkatan kerjasama kedua negara.

Bagikan Ini!