Kesempatan Masih Terbuka, Beberapa Formasi CPNS Kementerian ESDM Sedikit Peminat

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 687.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 30 November 2019

Kesempatan Masih Terbuka, Beberapa Formasi CPNS Kementerian ESDM Sedikit Peminat

Mendekati ditutupnya waktu pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian ESDM pada tanggal 1 Desember 2019, panitia seleksi merilis jumlah pelamar yang sudah mengunggah berkas. Tercatat, sudah ada 4.391 pelamar yang telah menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi formasi jabatan yang diinginkan. Kabar baiknya, masih ada beberapa formasi jabatan yang masih sepi peminat.

"Dari 4.000an pelamar yang masuk, masih ada beberapa formasi yang kurang diminati. Ini jadi kesempatan bagi calon pelamar yang belum menentukan pilihan," kata Nur Widyasari selaku Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan, Biro Sumber Daya Manusia, Kementerian ESDM di Jakarta, Sabtu (30/11).

Data yang dirilis panitia selesi pendaftaran CPNS Kementerian ESDM di akun Twitter (@CPNSKESDM) dan Instagram Kementerian ESDM (@kesdm) menyatakan, hingga tanggal 30 November 2019 pukul 08.00 WIB, masih ada 8 dari 20 jabatan formasi CPNS Kementerian ESDM yang tidak banyak diminati pelamar.

"Formasi kosong tersebut paling banyak berasal dari tenaga non-teknis," Nur manambahkan.

Formasi yang dimaksud antara lain, Analis Pengelolaan Keuangan APBN Pertama, Analis Anggaran Ahli Pertama, Analis Hukum, dan Perencana Ahli Pertama diperuntukkan untuk formasi umum. Untuk formasi Cumlaude ada Perencana Perundang-undangan Ahli Pertama, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama. Sementara untuk formasi teknis yakni Analis Ketenagalistrikan.

Sementara untuk posisi sebagai Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama hanya bisa diisi oleh Putra/Putri Papua/Papua Barat dan Disabilitas. "Khusus Analis Bimbingan Usaha kami membuka kesempatan untuk umum dan cumlaude," jelas Nur.

Lebih rinci, data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, total pelamar CPNS Kemeneterian ESDM per 30 November 2019 berjumlah 5.620 pelamar yang mengisi formulir, 4.391 sudah submit, 2.091 terverifikasi memenuhi syarat, 1.097 tidak memenuhi syarat dan 1.275 belum terverifikasi.

Dari formasi di atas, imbuh Nur, pelamar dapat melihat langsung kualifikasi pendidikan yang sesuai dan persyaratan lengkap di laman resmi cpns.esdm.go.id atau info lebih lanjut bisa kontak langsung ke 136. (NA)


Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)