Kini Kinerja BLU Badan Litbang ESDM Tercatat Real Time via Aplikasi Monika

Jumat, 3 Juli 2020 - Dibaca 288 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 232.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 3 Juli 2020

Kini Kinerja BLU Badan Litbang ESDM Tercatat Real Time via Aplikasi Monika

Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM meluncurkan aplikasi Monitoring Kinerja (Monika) Badan Layanan Umum (BLU) Badan Litbang ESDM di Bandung, (1/7). Aplikasi ini hadir untuk memberikan pelayanan dan informasi satu pintu untuk memudahkan pelanggan, monitoring kinerja sumber daya manusia, monitoring penggunaan alat dan bahan, serta pengarsipan dokumen.

"Aplikasi ini dilatarbelakangi arahan dari Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU) pada November 2019 terhadap pengelolaan BLU di lingkungan Badan Litbang ESDM," ungkap Sekretaris Badan Litbang ESDM Yuli Rachwati yang pada kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis buku panduan Aplikasi Monika BLU Badan Litbang ESDM Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana.

Menindaklanjuti masukan tersebut, maka Kepala Badan Litbang ESDM menilai perlunya penyelesaian modernisasi pengelolaan BLU Badan Litbang ESDM dengan menunjuk tim modernisasi BLU Badan Litbang ESDM yang diketuai Kepala Bidang Program Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Mufdi Firdaus.

Dadan berharap ke depannya aplikasi dapat dikembangkan lagi, terutama untuk pemberian alarm, kemungkinan duplikasi, penamaan pada dashboard serta penambahan resume dashboard. "Setiap Satker BLU nantinya diharapkan dapat menginput data secara riil, karena Badan Litbang ESDM akan terus mengecek komponen data secara detil dan berkala," ungkap Dadan.

Menurut Mufdi, aplikasi ini dapat memudahkan Dewan Pengawas/Pembina Teknis dan Pimpinan BLU untuk memonitor data total target, terkontrak, invoice, realisasi, pengeluaran, surplus, piutang serta melihat detail data terkontrak, invoice, realisasi, dan pengeluaran. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Aplikasi JLT-BSC-SAK Lemigas. Admin dan operator aplikasi ini berasal dari setiap bidang/bagian/pejabat teknis, bendahara dan pejabat pembuat komitmen (PPK) di masing-masing BLU.

Lebih lanjut Mufdi menguraikan, aplikasi ini telah dikoordinasikan dengan Biro Keuangan ESDM dan Pusat Data dan Informasi ESDM agar dapat terintegrasi dengan e-PNBP Kementerian ESDM. Pusdatin ESDM juga telah melakukan pengujian (user acceptance test -UAT) untuk memastikan aplikasi ini bisa dioperasikan. Aplikasi menggunakan program PHP, agar mudah diintegrasikan dengan aplikasi e-PNBP Kementerian (SIDARA, PIUTANG, AMORA) dan aplikasi Kementerian Keuangan (BIOS). (ER/KO)

Bagikan Ini!