Kukuhan Agen Perubahan KESDM, Sekjen: Pimpinan Harus Turun Langsung Kawal Reformasi Birokrasi

Rabu, 28 April 2021 - Dibaca 290 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 145.Pers/04/SJI/2021

Tanggal: 28 April 2021

Kukuhan Agen Perubahan KESDM, Sekjen: Pimpinan Harus Turun Langsung Kawal Reformasi Birokrasi

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengutarakan keterlibatan pemimpin dalam mengawal implementasi reformasi birokrasi (RB) menjadi perhatian utama dalam mewujudkan sistem serta kualitas tata kelola yang baik (good governance). Dengan begitu, Kementerian ESDM mampu memberikan pelayanan optimal kepada publik di sektor energi dan sumber daya mineral.

"Arahann Bapak Menteri Arifin Tasrif terkait pelaksanaan RB ini sudah sangat jelas dan tegas, yaitu agar kita semua para pimpinan turun langsung memimpin dan memastikan perbaikan di setiap proses reformasi birokrasi. Tidak hanya di atas kertas, tapi agar reformasi benar-benar diterapkan dan hasilnya dapat dirasakan juga oleh masyarakat luas," kata Ego pada Forum Agen Perubahan KESDM Tahun 2021, Rabu (21/4).

Reformasi birokrasi, menurut Ego, sudah selayaknya memberikan dampak nyata bagi keberlangsungan sebuah institusi. Salah satu perbaikan yang bisa dilakukan melalui budaya kerja yang cepat, cermat, dan produktif, pengelolaan SDM yang profesional, proses bisnis yang adaptif, pembinaan pengawasan bersifat konsultatif, dan perencanaan kinerja yang terukur dan dapat dicapai. "Perbaikan tersebut akan memberikan keluaran dampak pada pelayanan masyarakat, sehingga masyarakat merasa sangat puas menerima layanan dari Kementerian ESDM," jelasnya.

Keberadaan Agen Perubahan di lingkungan KESDM dapat membantu menyelesaikan berbagai hambatan. Untuk itu, Ego mendorong para pemimpin bekerja sama dengan seluruh pihak termasuk Agen Perubahan dalam melakukan perbaikan. "Saya memahami Agen Perubahan tidak mempunyai kewenangan penuh untuk melakukan perubahan. Keberhasilan pembangunan ini diperlukan kerja sama dengan para pimpinan dan seluruh pegawai," terangnya.

Salah satu dukungan yang diberikan oleh pimpinan adalah dengan menyiapkan program-program pengembangan kapasitas terutama berkaitan dengan softskill seperti kemampuan koordinasi, negosiasi, komunikasi dan problem solving. "Bentuk dukungan saya adalah menugaskan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, bekerja sama dengan Biro Sumber Daya Manusia dan PPSDM Aparatur untuk menyiapkan program-program pengembangan kapasitas bagi para Agen Perubahan," ungkap Ego.

Ego pun menyarankan kepada para Agen Perubahan agar lebih berani dan percaya diri dalam menjalankan tugas agar tercapai keberhasilan pelaksanan reformasi Kementerian ESDM. "Reformasi birorkasi bukan penilaian untuk sekedar membuat yang tidak ada menjadi ada dengan dokumen saja. Tapi lebih pada melihat sasaran yang diharapkan dari setiap area perubahan," tegasnya.

Pada saat yang bersamaan, acara Forum Agen Perubahan KESDM 2021 dibarengi dengan pengukuhan dan pembekalan agen perubahan KESDM. Beberapa materi yang diberikan selama pembekalan diantaranya sharing session perubahan, inovasi dan reformasi birokrasi dari Lembaga Administrasi Negara dan success story RB dan Agen Perubahan dari Kementerian PAN RB.

Sebagai informasi, Kementerian ESDM melakukan penilaian mandiri setiap tahun yang dikoordinasikan oleh Inspektorat Jenderal dan para asesor RB Kementerian ESDM. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!