0

Lantik Pejabat Fungsional, Sekjen ESDM Minta ASN Siap Masuki Era Industri 4.0

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 545.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 30 Agustus 2019

Lantik Pejabat Fungsional, Sekjen ESDM Minta ASN Siap Masuki Era Industri 4.0


Sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74, Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga akan memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia untuk menjadi bagian dari persiapan Indonesia maju dan juga persiapan memasuki era industri 4.0. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial saat melantik Pejabat Fungsional di Lingkungan Sekretariat Jenderal KESDM hari ini, Jumat (30/8).

c-WhatsApp%20Image%202019-08-30%20at%201

"Pejabat yang dilantik dan penerima penghargaan serta penerima kenaikan pangkat hari ini sebagian besar adalah generasi muda, sehingga saudara-saudara harus lebih mengembangkan kompetensi diri dalam rangka mempersiapkan diri menuju era industri 4.0," ujar Ego.

Mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM dalam Mendukung Industri 4.0, selain membuat program-program yang lebih berorientasi ramah lingkungan. Menurut Ego, empat hal yang harus dipersiapkan, yakni era mobil listrik, era energi terbarukan, era transaksi online dan sistem automatisasi dalam bekerja.

"Era revolusi 4.0 untuk Kementerian ESDM, intinya kita akan memulai era baru mobil listrik dan tidak bisa terhindarkan lagi, kedua energi baru terbarukan, era dari energi fosil akan berakhir atau menurun. Kita akan memasuki era energi baru terbarukan untuk seluruh aspek kehidupan, mulai dari sektor transportasi kelistrikan. Dan yang ketiga, yang sudah kita jalani adalah transaksi secara online sudah berjalan di semua lini. Keempat adalah sistem automatisasi dari pekerjaan-pekerjaan sehari hari yang kita lakukan," jelas Ego.

Ego menegaskan empat hal tersebut harus menjadi fokus dan perhatian seluruh pejabat fungsional yang dilantik khususnya dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kementerian ESDM. "Saya minta kepada teman-teman, para fungsional, penerima penghargaan dan seluruh pegawai negeri sipil, khususnya yang hadir hari ini, kedepan empat hal tersebut diatas kita jadikan fokus kita," tegas Ego. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center