Mari Gunakan Produksi Dalam Negeri !

Sabtu, 2 Mei 2009 - Dibaca 10805 kali

JAKARTA. Bersamaan dengan acara "Pelepasan Pensiunan Pejabat Struktural Eselon I dan II", Jumat (1/5), Menteri ESDM kampanyekan "Gerakan Aku Cinta 100% Indonesia". Secara serempak seluruh yang hadir dalam acara tersebut memakai batik dan sepatu produksi dalam negeri.Suasana mendadak riuh pada saat Menteri ESDM, Purnomo Yusgiantoro menginstruksikan kepada seluruh yang hadir untuk melihat kebawah kursi masing-masing yang mereka duduki. Dibawah kursi telah disediakan satu paket produksi dalam negeri berupa sepatu dan baju batik. "Mari kita gunakan produksi dalam negeri", ujar Menteri.Gerakan cinta Indonesia memiliki arti sangat strategis, tidak hanya untuk menghadapi tantangan krisis ekonomi global, tapi juga untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi. Gerakan itu bukan hanya menjadi kampanye biasa, tapi menjadi gerakan bersama, tidak bersifat statis dan bukan kebijakan proteksionis karena tidak termasuk kebijakan tarif.Potensi pasar dalam negeri sangat besar, dengan jumlah penduduk 230 juta dan hampir 50 persen terdiri dari penduduk berusia di bawah 29 tahun, harus dimanfaatkan secara opimal melalui gerakan ini, semua pihak diharapkan untuk lebih memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri sehingga kemandirian bangsa dapat terbangun.Program kampanye "Cinta Indonesia" bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk barang dan jasa dalam negeri serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional. Diharapkan dengan dicanangkannya gerakan ini pasar produk dalam negeri bisa ditingkatkan sehingga tekanan terhadap sektor industri bisa dikurangi dan gejala pengurangan tenaga kerja dapat dihindari.

Bagikan Ini!