Meletusnya Gunung Agung Tidak Dapat Dipastikan, Badan Geologi, Pemda dan Instansi Terkait Terus Lakukan Antisipasi

NEWS BRIEF

Meletusnya Gunung Agung Tidak Dapat Dipastikan, Badan Geologi,

Pemda dan Instansi Terkait Terus Lakukan Antisipasi


Menanggapi beredarnya isu bahwa Gunung Agung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali akan meletus malam ini (Minggu, 24 September 2017), dapat disampaikan sebagai berikut:

  1. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani tidak dapat memastikan kebenaran isu tersebut. Isu tersebut berdasarkan RAMALAN yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG. PVMBG melihat tanda-tanda aktivitas gunungapi yang terekam secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik G. Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus. Namun demikian, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunungapi di dunia, belum ada yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi.
  2. PVMBG terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Pemda dan instansi terkait untuk mengantisipasi dampak apabila terjadi erupsi.
  3. Masyarakat diminta agar tidak mudah termakan berbagai ISU atau RAMALAN dari sumber yang tidak jelas, dan tidak panik serta tetap meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

Dadan Kusdiana

Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi