0

Menteri ESDM:  Mari Jaga Perbedaan dan Saling Menghormati

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 332.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 04 Mei 2019

Menteri ESDM: Mari Jaga Perbedaan dan Saling Menghormati

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bersama Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin berpartisipasi dalam acara jalan santai kerukunan dan kebhinnekaan lintas agama yang gelar Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Acara jalan santai ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Ke-212 Gereja Katolik KAJ sekaligus ajang silaturahmi untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan antar lintas agama.

Dalam sambutannya Menteri Jonan meminta kepada semua yang hadir untuk dapat terus menjaga semangat kebhinekaan yang ada.

"Saya sangat terharu dan berterima kasih kepada penyelenggara yang telah melaksanakan acara ini. Saya sangat berterima kasih semangat kebhinekaan ini tetap dijaga. Kita harus saling menjaga perbedaan-perbedaan yang ada dan saling menghormati," ujar Jonan.

c-WhatsApp%20Image%202019-05-04%20at%200Jonan mengungkapkan, toleransi terhadap perbedaan yang diterapkan di PT Freeport Indonesia yang baru saja dikunjunginya dapat menjadi contoh bagaimana keberagaman dapat berjalan tanpa sekat. Masjid dan Gereja berdiri berdampingan. Setiap orang bebas beribadah menurut keyakinan mereka masing-masing.

"Kalau yang di gunung, di bawah tanah saja bisa rukun, semestinya yang ada di atas tanah juga bisa rukun. Dan semoga kerukunan ini juga bisa menyebar keseluruh lapisan masyarakat," tambah Jonan.

Perbedaan itu diutarakan Jonan, akan menjadi sesuatu yang lebih indah, jadi perbedaan itu harus disyukuri karena membuat kondisinya menjadi lebih bagus.

Menambahkan Jonan, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, meskipun dalam bentuk jalan santai, namun sarat dengan makna.

"Jalan santai ini hakikatnya adalah dalam rangka mengurus, merawat menjaga kerukunan, kebhinekaan kita antar sesama umat beragama. Jalan santai ini adalah manifestasi dari upaya kita untuk bagaimana kita senantiasa mampu menjaga dan memelihara keragamana kita sekaligus mengikat tali keberagaman kita," kata Lukman.

"Merupakan sebuah keberkahan Tuhan memberikan kita bagian dari yang tidak terpisahkan dari Indonesia," lanjut Lukman.

Jalan sehat secara langsung dilepas secara simbolis oleh Menteri ESDM, Menteri Agama serta Uskup Agung Jakarta. Diikuti sekitar 2000 peserta lintas agama dengan lintasan sepanjang 3,8 Km, jalan sehat pagi ini mengambil rute dari lapangan parkir Gereja Katedral, Jalan Veteran III Gambir, Jalan Perwira Kota Jakarta Pusat, Jalan Lapangan Banteng, kemudian kembali ke halaman parkir Gereja Katedral. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center