Menteri ESDM Raih Penghargaan Pemimpin Terpopuler di Media Online, Humas Sabet 3 Gold Winner

Jumat, 5 Agustus 2022 - Dibaca 632 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 297.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 5 Agustus 2022

Menteri ESDM Raih Penghargaan Pemimpin Terpopuler di Media Online, Humas Sabet 3 Gold Winner

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meraih penghargaan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Online Kategori Menteri, pada ajang "The 1st Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2022" yang diselenggarakan oleh PR Indonesia/Humas Indonesia, pada acara puncak IDEAS 2022 yang dilangsungkan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/8).

c-IMG_5560.JPG

Penghargaan ini diberikan PR Indonesia kepada para pemimpin di Indonesia yang terpopuler dalam pemberitaan media online nasional maupun internasional. Penilaian berdasarkan analisis kualitatif PR Indonesia bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia yang melakukan monitoring pemberitaan terhadap ratusan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD di 6.061 media online lokal, 2.320 media online nasional, dan 2.407 media online internasional. Monitoring dilakukan sejak 1 Januari - 31 Desember 2021. Selain menggunakan metode kuantitatif secara real-time, penilaian dilakukan secara kualitatif.

Ajang yang diselenggarakan PR Indonesia merupakan perhelatan penghargaan bergengsi bagi insan humas di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, BUMN dan Swasta yang memberikan apresiasi kepada pelaku humas yang memliki program komunikasi terbaik di Indonesia.

Pada ajang tersebut, Kementerian ESDM juga menerima 3 GOLD WINNER penghargaan IDEAS 2022 atas program-program kehumasan terbaik berbasis ESG (Environmental Social and Governance) dan DEI (Diversity Equity and Inclusion) di Indonesia.

c-IMG_5541.JPG

Ketiga raihan GOLD WINNER ini diberikan kepada program kehumasan yang digulirkan oleh Kementerian ESDM, yaitu:

1. GOLD WINNER - Kategori ESG (Environment) - Program Gerilya (Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya). Gerilya merupakan sebuah program komunikasi Kementerian ESDM yang memberi ruang bagi anak muda untuk berkontribusi nyata pada peningkatan pemanfaatan energi surya di indonesia.

2. GOLD WINNER - Kategori ESG (Social) - Program Energi Kolaborasi. Energi kolaborasi hadir untuk meningkatkan kesadaran dan menjaring partisipasi aktif anak muda milenial dan GenZ untuk bersama-sama mengampanyekan literasi digital mengenai urgensi transisi energi bersih.

3. GOLD WINNER - Kategori DEI (Kesetaraan Gender dan Keragaman) - Gertac: Gerakan Tangkis Covid-19, melalui program dalam sosial media yang mewadahi keberagaman minat dan bakat ASN di lingkungan Kementerian ESDM meliputi kesehatan, olahraga, game, kerohanian, dll di masa pandemi.

"Alhamdulillah program-program kami dalam mempercepat transisi energi dan juga dukungan internal dalam pemulihan Covid-19 dipercaya menjadi program-program kehumasan terbaik berbasis ESG dan DEI. Ini hasil capaian dan kerja keras semua tim kehumasan di seluruh unit Kementerian ESDM," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, pada kesempatan terpisah di Jakarta, Jumat (5/8)

Agung mengungkapkan capaian pada IDEAS 2022 yang diperoleh Kementerian ESDM juga merupakan capaian dalam ESG-DEI yang terbaik dibanding Kementerian lain. "Dengan 3 GOLD WINNER yang kami raih semoga kami dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja komunikasi Kementerian ESDM ke depan," lanjutnya.

Penghargaan ini diberikan kepada Kementerian/Lembaga/BUMN/Swasta yang telah melakukan praktik terbaik di bidang DEI dan ESG sehingga membuat organisasi/korporasi mampu menggapai reputasi yang lebih unggul di ekosistem masing-masing.

Penjurian IDEAS 2022 sendiri telah berlangsung pada 15-17 Juni 2022 dengan melibatkan praktisi PR Indonesia sebagai dewan juri, Asmono Wikan (Founder dan CEO PR INDONESIA Group), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication, dosen Universitas Mercu Buana), Herry Ginanjar (Pakar ESG), Nia Sarinastiti (Accenture Indonesia, dosen senior Unika Atma Jaya), dan Dyah Indrapati (Pakar DEI).

Adapun penilaian didasarkan pada strategi dan taktik komunikasi yang unik, inovatif, kreatif dan berkelanjutan, menjalin kemitraan (partnership) yang berkelanjutan, juga pelaksanaan program disertai dengan pengukuran (measurement) menggunakan metode pengukuran umum dalam melaksanakan program PR/komunikasi.

Sebagai peraih Gold Winner, Kementerian ESDM yang diwakili Subkoordinator Rencana dan Program Komunikasi dan Informasi, Khoiria Oktaviani, dipercaya membagikan testimoni pemenang serta membagikan pengalaman dalam menyusun program DEI di Kementerian ESDM pada workshop IDEAS 2022 yang diikuti oleh seluruh praktisi humas di Indonesia. (KO)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!