Pecah Rekor Hingga Hari Ini, Asa Raih Skor Tertinggi SKD CASN di Kementerian ESDM

Sabtu, 9 Oktober 2021 - Dibaca 432 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 360.Pers/04/SJI/2021

Tanggal: 9 Oktober 2021

Pecah Rekor Hingga Hari Ini, Asa Raih Skor Tertinggi SKD CASN di Kementerian ESDM

Rangkaian penyelenggaraan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah terlaksana di 28 dari 34 kota yang dijadwalkan. Hingga Sabtu (9/10), torehan apik diukir oleh Asa Aditya Persada. Pria lulusan Jurusan Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mampu memecahkan rekor skor SKD tertinggi dengan nilai 492 dengan rincian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 125, Tes Intelegensi Umum (165), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 202.

"Rasanya bersyukur banget. Bisa lolos SKD saja itu sudah seneng, apalagi ternyata dapat nilai tertinggi. Padahal doanya sebatas lolos saja, bersyukur dikasih bonus nilai tertinggi," ungkap Asa (28 tahun) usai ditemui setelah tes yang dilakukan di kantor BKN II Surabaya, Jumat (8/10).

Hasil ini tentu berkat ketekunan dan kerja keras Asa. Ia menceritakan bagaimana mempersiapkan SKD jauh-jauh hari sebelumnya. "Saya mulai belajar sekitar bulan Maret lalu, sebelum ada pengumuman CPNS. Saya mulai buka lagi catatan materi belajar tes CPNS di tahun kemarin. Kemudian, mulai ikut tryout online di bulan April," jelasnya.

Meski disibukkan dengan rutinitas kerja sehari-hari, Asa mampu mengatur waktu dengan baik demi persiaapan ujian. "Baru intens pas di bulan Agustus, setelah tanggal tes diumumkan. Sejak itu mulai menghabiskan waktu buat belajar atau sekadar baca, entah di malem setelah kerjaan selesai atau pagi sebelum mulai kerja. Tiga minggu sebelum ujian apalagi, akhir pekan belajar total," lanjutnya.

c-IMG-20211008-WA0003.jpg

Dalam formasi pilihannya, pria kelahiran Surabaya ini memilih dosen Kimia di Politeknik Energi Mineral Akamigas Cepu. "Saya memang suka ngomong di depan umum, seneng ngajar juga. Apalagi pernah tertarik sama dosen saat pembahasan mineral," beber Asa.

Asa pun berharap semua tes yang dilalui selama proses rekrutmen CASN di Kementerian ESDM berjalan lancar hingga pengumuman akhir. "Semoga lancar terus sampai pengumuman akhir," harapnya.

Penyelenggaraan SKD di Kementerian ESDM sendiri menyisahkan 6 lokasi lagi, yaitu Denpasar, Lampung, Sumatera Barat, Palembang, Medan, dan Jawa Barat. Setelah proses SKD selesai, peserta akan melalui tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Peserta yang lolos passing grade akan dirangking di masing-masing formasi dan tiga orang terbaik berhak mengikuti SKB.

Selama proses pelaksanaan seleksi CASN KESDM, penyelengaraan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan wajib dipatuhi oleh seluruh panitia dan peserta tes SKD antara lain wajib memakai masker, menggunakan surat deklarasi sehat, sertifikat vaksin, hasil negatif PCR/antigen, serta dalam kondisi sehat yang ditandai dengan suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!