0

FLORES - Pemerintah melalui Kementerian ESDM terus mendorong peningkatan pengembangan dan pemanfaatan panas bumi di tanah air. Untuk itu, hari ini, Kamis (27/7), Direktorat Panas Bumi Ditjen EBTKE mengadakan kegiatan Penyebarluasan Informasi Panas Bumi di Sekitar Wilayah Pemanfaatan Panas Bumi Oka Ile Ange, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam sambutannya dihadapan Pemerintah Daerah dan para tokoh di Kabupaten Flores Timur ini, Direktur Panas Bumi yang diwakili oleh Kasubdit Investasi dan Kerja Sama, Bintara berharap melalui pemanfaatan potensi panas bumi kebutuhan akan pasokan listrik masyarakat Oka Ile Angke ini dapat dipenuhi.

Selain itu, Bintara berharap adanya pemanfaatan Panas Bumi pada WKP Oka Ila Ange diharapkan mampu mendatangkan tambahan pendapatan bagi daerah, melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pemegang penugasan dimaksud melalui pembagian secara proporsional. "Adanya kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemanfaatan yang dilakukan oleh pengembang, akan menciptakan multiply effect atau asas manfaat lain yang dapat dirasakan oleh masyarakat," ungkap Bintara.

Bintara juga menambahkan bahwa penugasan pengusahaan panas bumi berlaku sebagai Izin Panas Bumi (IPB) sehingga sesuai amanat dari Pasal 53 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 sebagai bentuk peningkatan kebermanfaatan yang dapat dirasakan langsung oleh daerah penghasil. Para pemegang izin panas bumi diwajibkan untuk membayar bonus produksi yang akan diberikan langsung kepada pemerintah daerah yang wilayah administrasinya meliputi WKP yang bersangkutan. "Peruntukan penggunaan Bonus Produksi ini diprioritaskan untuk masyarakat yang berada paling dekat dengan proyek atau kegiatan pengusahaan Panas Bumi," tutur Bintara.

WKP Oka Ile Ange ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 2849.K/30/MEM/2012 tanggal 27 September 2012 dan memiliki potensi sebesar 40 MW dengan rencana pengembangan sebesar 10 MW. Bintara juga memaparkan bahwa WKP Oka Ila Ange akan menjadi bagian dari program Flores sebagai Pulau Panas Bumi (Flores Geothermal Island). Inti dari Flores Geothermal Island adalah untuk melistriki Pulau Flores dengan panas bumi sebagai sumber energi utama yang akan menerangkan dan meningkatkan kegiatan di sektor-sektor seperti pertanian, perikanan dan pariwisata di Pulau Flores.

WKP Oka Ile Ange adalah salah satu dari 4 WKP yang akan dilelang tahun ini. WKP lainnya yang akan dilelang adalah WKP Bora Pulu, Sirung, Kepahiang. (KA)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center