KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
NOMOR: 00116.Pers/04/SJI/2017
Tanggal: 29 Agustus 2017

Pemerintah Bagikan 595 Konkit Kendaraan di Palembang

Untuk meningkatkan pemanfaatan bahan bakar gas, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi membagikan konverter kit (konkit) bahan bakar gas sebanyak 595 unit di Palembang. Konkit yang dibagikan terdiri dari 200 unit untuk kendaraan dinas Pemerintah Kota Palembang, 50 unit angkutan kota serta 345 unit taksi, yang merupakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017.

Pembagian konkit secara simbolis diserahkan oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar kepada Walikota Palembang Harnojoyo, hari ini, Selasa (29/8), disaksikan oleh Dirjen Migas Ego Syahrial, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, dan Direktur Gas PT Pertamina (Persero) Yenni Andayani.

Manfaat penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan ini, tidak hanya dapat dirasakan secara ekonomi tetapi juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih. Pembagian konkit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum bertujuan untuk memberikan alternatif bahan bakar berkualitas yaitu bahan bakar gas yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta, mempercepat pemanfaatan SPBG yang telah dibangun Pemerintah termasuk di kota Palembang.

Konkit untuk kendaraan dinas Pemda Palembang, angkutan kota dan taksi ini merupakan bagian dari 5.000 unit konkit yang akan dibagikan tahun ini. Dana APBN yang dialokasikan untuk konkit ini mencapai Rp 97,8 miliar. Dari jumlah 5.000 unit konkit tersebut, PT Pertamina mendapat penugasan untuk membagikan 3.000 unit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum di Palembang, Prabumulih, Subang, Depok, Cirebon, Balikpapan, dan DKI Jakarta.

Pada saat ini proses pembagian konkit masih berjalan dan diharapkan pada November 2017 pembagian konkit di seluruh wilayah yang direncanakan dapat selesai dilakukan tanpa kendala.

Pembagian konkit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum ini merupakan kelanjutan tahun sebelumnya di mana sebanyak 1.000 unit konkit dibagikan pada tahun 2016. Konkit dibagikan untuk kendaraan dinas dan angkutan umum di DKI Jakarta, Bogor, Subang dan Balikpapan. Pembagian konkit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan SPBG yang telah dibangun Pemerintah.

Pada acara yang sama, Direktur Gas PT Pertamina (Persero), Yenni Andayani, secara konsisten selalu mendukung program Pemerintah dan memberikan upaya terbaik dalam setiap penugasanyang diberikan termasuk pendistribusian konkit di Palembang ini.

Manfaat dari penggunaan bahan bakar gas yang dapat dirasakan langsung seperti lingkungan dan udara yang bersih karena rendahnya karbondioksida yang dihasilkan oleh BBG, serta penghematan yang dihasilkan dengan berkurangnya biaya perawatan mesin, karena saat ini harga bahan bakar gas lebih kompetitif jika dibandingkan dengan harga bahan bakar fossil lainnya seperti bensin, solar maupun LPG dan bahan bakar gas tidak menimbulkan kerak pada ruang bakar/ignator sehingga usia mesin lebih panjang.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan
Informasi Publik, dan Kerja Sama

Dadan Kusdiana

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama
Dadan Kusdiana (08121002705)

Ikuti linimasa kami di:
Facebook: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Twitter: @KementerianESDM
Instagram: @kesdm

Hak Cipta © 2017 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi