Peningkatan Pelayanan Publik dan Penyediaan Data Dasar Jadi Fokus Badan Geologi Tahun 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 - Dibaca 3740 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 77.Pers/KM.03/SJI/2024

Tanggal: 20 Januari 2024

Peningkatan Pelayanan Publik dan Penyediaan Data Dasar Jadi Fokus Badan Geologi Tahun 2024

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berkomitmen untuk meningkatkan capaian kinerja tahun 2023 yang sudah baik menjadi lebih baik. Peningkatan pelayanan publik dan penyediaan data dasar geologi dan menjawab isu strategis sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) dan Amanat UU menjadi fokus kegiatan Badan Geologi di tahun 2024 ini.

"Adapun untuk rencana kegiatan Badan Geologi tahun 2024 tetap berpijak pada 4 (empat) pilar pembangunan geologi dan selaras dengan RPJM priorotas nasional dengan fokus program peningkatan pelayanan publik dan penyediaan data dasar geologi dan menjawab isu strategis RPJM,"kata Plt. Kepala Badan Geologi Muhammad Wahid kemarin, Jumat (19/1) di Bandung dalam acara konferensi pers Capaian Kinerja Badan Geologi Tahun 2023 dan Rencana Tahun 2024.

Peningkatan pelayanan publik akan dilakukan Badan Geologi dengan modernisasi sarana prasarana, pengembangan sistem informasi dan percepatan layanan sedangkan penyediaan data dasar geologi akan dilakukan dengan penguatan peran Sebagai Walidata 13 informasi geospasial dasar (IGD) Kebijakan Satu Peta, sambung Wafid.

"Untuk fokus kegiatan menjawab isu strategis dan amanat undang-undang, Badan Geologi akan melakukan kegiatan berupa penyelidikan untuk pengembangan ebt/green energy, ketahanan bencana dan perubahan iklim, pengelolaan air tanah, dan konservasi geologi dan pemberdayaan masyarakat,"pungkas Wafid.

Dalam menjalankan perannya mendukung pembangunan nasional terutama pada pengungkapan berbagai potensi sumber daya geologi serta memitigasi bencana geologi, Badan Geologi terbuka untuk berkolaborasi dengan badan, institus lain sehingga akan didapat data dan informasi yang berkualitas yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agus Cahyono Adi

Bagikan Ini!