Posko Nasional Sektor ESDM: Masyarakat Dapat Mengetahui Tingkat Kerawanan Gerakan Tanah Secara Langsung


Kamis, 4 April 2024 - Dibaca 938 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 167.Pers/04/SJI/2024

Tanggal: 4 April 2024

Posko Nasional Sektor ESDM: Masyarakat Dapat Mengetahui Tingkat Kerawanan Gerakan Tanah Secara Langsung?

Selain menyiagakan petugas selama 24 jam, posko nasional sektor ESDM melalaui Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyediakan informasi yang dapat diakses secara mandiri mengenai tingkat kerawanan wilayah yang dikehendaki atau wilayah mereka berada dengan memasukkin koordinat-koordinat sesuai yang diinginkan pada website https://magma.esdm.go.id/.

"PVMBG telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi yang akan merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam, dan meningkatkan pemantauan gunungapi secara cermat di beberapa gunungapi aktif," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Rabu (3/4), di acara Pembukaan Posko Nasional ESDM Tahun 2024.

Hendra menambahkan, untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan informasi kegunungapian termasuk statusnya di seluruh Indonesia dapat mengakses situs https://magma.esdm.go.id/.

"Berdasarkan pemantauan PVMBG terhadap Gunung Api-Gunung Api aktif diseluruh wilayah Indonesia, saat ini terdapat 5 gunungapi dalam Level Siaga - 5 Gunung Api, 17 gunungapi dalam Level Waspada dan Level Normal sebanyak 46 Gunung Api," tambah Hendra.

Hendra melanjutkan, untuk menyebarkan informasi daerah-daerah yang rawan terjadi gerakan tanah longsor kepada Pemerintah Daerah dan instansi-instansi terkait, masyarakat juga dapat mengakses tingkat kerawanan wilayah-wilayah terntentu atau wilayah dimana mereka berada.

"Masyarakat dapat memasukkan koordinat dimana mereka berada untuk mendapatkan informasi kawasan bencana, gempa bumi atau gerakan tanah, dan peta perkiraan gerakan tanah. Kita harapkan dengan kita memasukkan memasukkan koordinat untuk mengetahui tingkat kerawanan bencananya dapat bermanfaat untuk memitigasinya,"pungkas Hendra.

Badan Geologi terus memperbaharui Peta Prakiraan Wilayah Potensi Terjadi Gerakan Tanah setiap akhir bulan dan disebarkan ke Pemda dan dapat juga diunduh di https://vsi.esdm.go.id/portalmbg/#.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agus Cahyono Adi

Bagikan Ini!