PT. PLN Tandatangani "Power Purchase Agreement/PPA"

Minggu, 20 Januari 2008 - Dibaca 6425 kali

Hadir dalam acara penandatanganan tersebut, Direktur Utama PLN Eddie Widiono, General Menager PT PLN Wilayah S2JB (Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu) Dodoh Rahmat, Direktur Utama PT Lumada Sapta Mitra, Ahmad Bakri Putra, dan PLT Direktur Pembangkitan dan Energi Primer Fahmi Mochtar.

Dalam paparannya, Dirut PLN Eddie Widiono mengatakan"Pembangunan PLTM ini merupakan salah satu cara bagi perusahaannya untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan". Pengoperasian PLTM selain ramah lingkungan sekaligus dapat menekan penggunaan Bahan Bakar Minyak yang harganya cenderung meningkat dan juga cadangannya semakin menipis.

Ketua Tim Hidro PLN Kabul Sutiyono Sugeng mengatakan "PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro) Telanai Banding Agung memiliki Kapasitas 2 x 2.295 kW. Dengan masuknya PLTM Telanai Banding Agung ke sistem 20 kV PLN akan mematikan PLTD Simpang Sinder dan PLTD Teluk Agung yang diperkirakan memproduksi listrik sebesar 4.36 GWH/tahun sehingga dapat menghemat BBM sebesar 1,3 juta liter BBM atau sebesar Rp 9,5 miliar/tahun".

Sejauh ini, PLTM yang telah beroperasi adalah PLTM Kalumpang Hanga-hanga Sulteng dengan kapasitas 3 MW dan PLTM Mobuya Sulut dengan kapasitas 3 Mw. Sedang PLTM yang dalam proses konstruksi adalah PLTM Palilitan berkapasitas 7,5 Mw, PLTM Pakat berkapasitas 10 Mw, PLTM Hutaraja berkapasitas 5 Mw, dan PLTM Parluasan berkapasitas 4 Mw.

Bagikan Ini!