PVMBG Turunkan Status G. Ruang Dari AWAS Menjadi Siaga

Senin, 22 April 2024 - Dibaca 1953 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 205.Pers/04/SJI/2024

Tanggal: 22 April 2024

PVMBG Turunkan Status G. Ruang Dari AWAS Menjadi Siaga

Setelah beberapa waktu aktivitas vulkanik G. Ruang meningkat signifikan hingga Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan statusnya menjadi Level IV (AWAS), kini aktivitas Vulkanik G. Ruang mulai menunjukkan penurunan. PVMBG terhitung mulai hari ini tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA menurunkan status G. Ruang kembali menjadi Level III (Siaga).

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada G. Ruang, maka tingkat aktivitas G. Ruang diturunkan dari Level IV (AWAS) menjadi Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA,"ujar Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

PVMBG akan terus memonitor tingkat aktivitas G. Ruang dan akan mengevaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan, sambung Wafid.

Pada Level SIAGA ini, PVMBG menurunkan jarak aman masyarakat beraktivitas dari sebelumnya 6 km menjadi 4 km termasuk jarak evakuasi.

"Pada tingkat aktivitas G. Ruang Level III (Siaga) PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif G. Ruang. Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km,"jelas Wafid. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agus Cahyono Adi

Bagikan Ini!